Lobi Gubernur, Bintan Dapat Rp 10 M

0
1054
CEK JALAN: Kadis PUPR Bintan Juni Rianto meninjau pembangunan jalan Lintas Timur yang sudah tahap pengerasan, belum lama ini.F-Yendi/TANJUNGPINANG POS

Pembangunan Lintas Timur Dilanjutkan Kembali

BINTAN – UPAYA lobi Pemkab Bintan ke Gubernur Kepri tak sia-sia. Tahun anggaran 2017 ini, Pemkab Bintan mendapat anggaran Rp 10 miliar, untuk pembangunan jalan lintas timur. Bupati Bintan H Apri Sujadi menjelaskan, tahun 2016 lalu, pembangunan jalan lintas timur dari Km 23 Kijang mendapat bantuan dana APBN mencapai Rp 50 miliar. Dana itu digunakan untuk membangun jalan sekaligus pengerasan sepanjang 7,4 kilometer, dari 12,4 kilometer.

”Kan masih ada 5 kilometer lagi. Tapi pekerjaannya cukup berat. Ya bersyukur lah, kita sudah lobi Pak Gubernur Kepri H Nurdin Basirun. Tahun ini, Bintan dapat Rp 10 miliar. Makanya, sekarang pembangunan lintas timur kembali dilanjutkan,” sebut H Apri Sujadi, Senin (31/7) kemarin. ”Selanjutnya, kita sedang berjuang untuk mendapatkan bantuan dari APBN di tahun ini juga,” sambungnya.

Baca Juga :  Kapolres: Jaga Kedamaian, Tolak Kerusuhan!

Kepala Dinas PU dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bintan Juni Rianto membenarkan hal itu. Pekerjaan pembangunan jalan lintas timur yang tersisa 5 kilometer memerlukan dana yang cukup besar. Karena ada kegiatan pemotongan dua bukit. Untuk sementara ini, pembangunan sudah dilanjutkan kembali, dari anggaran APBD Provinsi Kepri sebesar Rp 10 miliar. ”Dana Rp 10 miliar ini, kita perkirakan bisa menimbun dan mengeraskan jalan lintas timur sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Kegiatannya dari perkebunan Tirta Madu, menuju Km 16 Toapaya,” kata Juni Rianto.

Baca Juga :  Paripurna Alat Kelengkapan Dewan Ditunda

Sedangkan 2 kilometer tersisa, sebut Juni Rianto, memerlukan sekitar Rp 50 miliar lagi. Karena, ada pemotongan dua bukit dan penataan aliran sungai. ”Ini lah yang kita harapkan dari APBN Perubahan 2017. Kemudian, untuk jalan lintas timur di Km 23 sampai ke perkebunan Tirta Madu, sebagian ada yang sudah diaspal,” jelasnya.

Menurut Juni Rianto, jika anggaran dari pusat masih kurang, Bupati H Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam akan menganggarkan melalui APBD murni 2018 Kabupaten Bintan. ”Kita berharap dapat dukungan dari dewan Bintan, jika menggunakan APBD 2018 nanti. Karena, pembangunan jalan lintas timur ini komitmen dan misi Pak Bupati dan Pak Wabup, dalam pembangunan Bintan ke depan,” demikian ditambahkan Juni Rianto.(YUSFREUENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here