Lokasi Membaca Mesti Menarik

0
61
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun saat meninjau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Desa Tiangau, Dusun Arung Hijau, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumat (15/3). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Tinjau Taman Bacaan Masyarakat Tiangau

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun mengatakan, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, maka taman bacaan yang dibuat harus dikemas menarik. Sehingga semakin banyak menarik minat baca masyarakat.

ANAMBAS – NURDIN mengatakan, untuk meningkatkan wawasan dan pola pikir, salah satunya dengan membaca buku beragam buku. Gubernur mengatakan, buku adalah jendela segala ilmu pengetahuan.

”Terutama membaca buku-buku pengetahuan yang mana informasi yang akan kita baca dapat terserap sehingga wawasan yang kita miliki semakin luas,” ujar Nurdin saat melakukan peninjauan ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Desa Tiangau, Dusun Arung Hijau, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Jumat (15/3).

Nurdin yakin, peran dan keberadaan dari buku sangat vital karena di dalamnya banyak mengandung infomasi yang begitu besar. Pemerintah, kata Nurdin terus berupaya untuk mendukung upaya peningkatan kualitas taman baca yang ada di setiap daerah.

Dalam peninjauannya, Nurdin mengapresiasi banyaknya koleksi buku yang saat ini sudah mencapai lebih dari 1.600 pisis, meskipun lokasinya masih begitu sederhana namun minat baca masyarakat setempat lumayan banyak, apalagi lokasi sendiri ditunjang pula dengan sejumlah fasilitas seperti komputer, juga internet gratis yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat.

”Kalau koleksi buku sudah banyak saya berpesan agar pengarsipannya disusun lebih rapi dan tertata sehingga akses membaca semakin lebih mudah,” pesan Nurdin.

Dari informasi yang didapat dari pengelola akan berencana membangun satu gedung lagi di sebelah lokasi yang saat ini terdapat tanah kosong seluas 10×10 meter. Mendengar hal tersebut Nurdin langsung merespon untuk berencana membantu pembangunan gedung itu.

”Kita akan usahakan jika bisa masuk dalam anggaran untuk tahun depan, kita bantu,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah, Kadis Pendidikan Muhammad Dali, Kadis Kelautan dan Perikanan Eddy Sofyan, Kadis Kominfo Zulhendri, Kabiro Humprohub Nilwan, Ketua MUI Kepri KH Azhar Hasyim dan Tokoh Masyarakat Kepri Said Abdurrahman.

Bekali Anak Ilmu Keagamaan
Sebelum melakukan peninjauan, Gubernur beserta rombongan terlebih dahulu menunaikan shalat subuh di Masjid setempat yakni Masjid Al Ikhlas Arung Hijau. Dalam tausiyahnya Nurdin mengajak jamaah masjid untuk mengokohkan kekuatan Islam salah satunya dengan Salat Subuh.

”Awal mula pondasi Islam itu semakin tumbuh dan kuat apabila umat berbondong-bondong untuk salat subuh berjamaah,” kata Nurdin.

Untuk itu, Nurdin mengajak para orangtua untuk terus mendidik anak-anak agar menyeimbangkan prestasi yang diraih, tidak hanya fokus untuk dunia yang hanya bersifat sementara namun bekal untuk akhirat juga harus di maksimalkan.

”Ayo ibu bapak kita terus dorong anak-anak kita untuk terus belajar agama, biasakan mereka agar dapat shalat berjamaah di masjid,” pesan Nurdin.

Pemerintah pun dikatakan Nurdin akan terus membangun bidang keagamaan seperti pembangunan masjid dan pondok pesantren serta sarana dan prasarana lainnya juga mensejahterakan imam dan guru mengaji dalam upaya menciptakan generasi penerus masyarakat Provinsi Kepri yang berakhlak mulia.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here