Lomba Gerak Jalan Start di Dompak

0
3874
BERBINCANG: Kadispora Tajungpinang Gunawan Grounimo berbincang dengan Dewan Pembina PSTS Rida K Liamsi dan Jamhur Ismail, belum lama ini. f-martunas/tanjungpinang pos

Bentuk Focus Group Discussion Pemuda

Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) akan melaksanakan Lomba Gerak Jalan Proklamasi dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 tahun 2017.

TANJUNGPINANG – Tahun ini, lokasi start atau mulai berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya start-nya di Tepilaut atau di Terminal Bintanceter, maka tahun ini, akan dimulai dari Jembatan 1 Dompak. Untuk kategori lomba tetap tiga yakni, 17 Km, 8 Km dan 45 Km. Lokasi tersebut dipilih untuk memberikan nuansa baru sekaligus mengenalkan jembatan terpanjang di Kepri yang jadi ikon baru di Tanjungpinang, selain beberapa lainnya.

Pemko ingin memperkenalkan, bahwa di Tanjungpinang ada jembatan sepanjang sekitar 1,4 Km yang dapat menjadi tempat wisata bersantai sembari memandang laut. Kadispora Kota Tanjungpinang, Gunawan Grounimo mengatakan, sampai, Kamis (10/8) kemarin, sudah ada sekitar 200 peserta yang mendaftar untuk tiga kategori tersebut. Perlombaan itu memperebutkan total hadiah Rp 281 juta ditambah dengan piala.

Terkait teknis pelaksanaan hampir sama dengan tahun sebelumnya, yaitu dimulai dengan lomba sejauh 17 Km yang dilaksanakan, Sabtu (19/8). Sehari setelah itu, Minggu (20/8) dilanjutkan sejauh 8 Km. Waktu pelaksanannya sama, yaitu mulai 08.00 pagi. Setelah itu dilanjutkan dengan gerak jalan sejauh 45 Km, Sabtu (26/8) dimulai malam hari, pukul 20.00 WIB. ”Jadi seluruhnya start di Jembatan I Dompak. Saya yakin seluruh peserta setuju. Sekaligus mencari suasana baru,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (10/8).

Jumlah peserta yang mendaftar diyakini akan terus bertambah. Biasanya menjelang tiga sampai lima hari sebelum acara, peserta makin banyak mendaftar. Pengalaman seperti tahun lalu, bisa mencapai lebih dari 600 peserta untuk ketiga kategori tersebut. Bagi yang ingin mendaftar bisa mendatangi Dispora Center, Komplek Pinlang Mas, Batu 9 dan Kantor Dispora di Senggarang, Tanjungpinang.

Ada empat ketegori peserta. Pertama penilaian khusus kepada peserta yang berasal dari TNI/Polri. Kedua yaitu dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan intansi vertikal. Ketiga dari kalangan organisasi kepemudaan dan masyarakat serta yang terakhir kategori bagi siswa dan mahasiswa.
Jadi nantinya ada 12 regu yang juara pertama dari tiga kategori gerak jalan sejauh 17 Km, 8 Km dan 45 Km.

Bentuk Focus Group Discussion Pemuda
Ditambahkannya, sebagai Dinas Kepemudaan, pihaknya juga telah memanggil berbagai organisasi kepemudaan untuk menginventarisir yang masih aktif atau tidak. Selain itu akan membentuk Focus Group Discussion (FGD). ”Tujuan forum ini agar para pemuda memiliki wadah bertukar informasi antarsesama organisasi kepemudaan lainnya. Kita ingin mengerakkan mereka agar berwirausaha sesuai dengan keinginan atau keahlian dimiliki,” tuturnya sembari menyebutkan, pertemuan sudah beberapa kali dilaksanakan melalui bidang terkait.

Dorongan memulai wirausaha dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan Organisasi Perangkat daerah (OPD) terkait. Mulai dari pelatihan, pendanaan serta motivasi. ”Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan, agar pemuda-pemuda mulai berpikir berwirausaha. Meskipun harus diakui, sudah ada organisasi yang beranggotakan para pengusaha muda. Ini bagus dan dapat menularkan ke organisasi lainnya,” ungkapnya.(DESI LIZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here