Lomba Pantomim Cara Cerdas Apresiasi Perasaan

1
1348
ATRAKSI: Siswa pelajar SD saat atraksi didepan seluruh penonton.f-yoan/tanjungpionang pos

TANJUNGPINANG – Lomba pantomim tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kota Tanjungpinang dilangsungkan di aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Tanjungpinag.

Puluhan peserta mengikuti lomba tersebut dalam rangka agenda tahunan pemerintah pusat dalam ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Kepala Sekolah Dasar Negeri 004 Tanjungpinang Timur, Hj Retnowati yang ditunjuk Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang sebagai panitia pelaksana menyampaikan respon positif kepada awak media terkait pelaksanaan lomba.

Menurut Retno selain bobot dan kualitas peserta semakin bertambah dari tahun ke tahun juga menilai bahwa pantomim bisa dijadikan wadah untuk para pelajar SD menuangkan ekspresi.

Baca Juga :  Fokus Bangun SD dan SMP

”Pantomim ini sangat bagus dipopularkan kepada pelajar SD sebagai wadah untuk mereka menuangkan apresiasi dan perasaannya,” kata Retno yang mengaku sangat sesuai dengan maksud yang tertuang dalam kurikulum 2013.

Retno mengakui bahwa untuk saat ini, kesenian lakon tanpa dialog ini belum begitu popular di Kota Tanjungpinang.

”Memang belum populer tapi harapan cerah itu ada, terbukti dengan penampilan siswa yang semakin mahir dari tahun ke tahun,” ungkapnya.

Salah satu dewan juri, Cici berharap agar kesenian pantomim ini bisa menjadi modalitas untuk sekolah dalam berekspresi dan berkreasi untuk penyampaian sebuah cerita.

Baca Juga :  Sampah Plastik Jadi Premium

”Pantomim ini mirip dongeng, hanya saja tanpa suara dan dialog melainkan melalui penggambaran penuh lewat gerakan, unik dan tentunya menarik untuk dicoba kepada siswa,” terangnya yang berharap, peserta yang keluar sebagai pemenang tidak hanya mampu bersaing di tingkat provinsi namun juga mampu menduduki posisi emas di tingkat nasional.(YOAN)

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here