Lomba Perahu Jong Meriah

0
248
Masing-masing peserta saat membawa perahu Jong ke tengah laut untuk memulai lomba, Minggu (25/2). f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Warna warni layar perahu Jong tersusun indah di sepanjang pantai Mak Dara, Batu Besar, Nongsa. Hembusan angin pantai yang sore itu cukup kencang tak berhenti menggerakkan layar perahu jong. Suara tembakan ke udara oleh Wali Kota (Wako) Batam sebagai tanda dimulainya lomba perahu Jong yang memperebutkan piala bergilir Walikota.

Namun, lomba jong telah digelar setiap tahun namun baru kali ini yang memperebutkan tropi Walikota. Selain memperebutkan piala bergilir dari Walikota, panitia juga telah mempersiapkan hadiah total senilai Rp.60 juta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Hendriana Gustini menyebut lomba Jong ini merupakan olahraga rekreasi tradisional. Melalui lomba ini dapat terjaga kelestarian Jong. ”Lomba Jong ini sudah bertahun- tahun kita laksanakan. Sengaja kita adakan sekarang karena memang dibutuhkan angin yang kencang untuk menjalankan Jong, karena saat ini angin musim utara,” sebut Hendriana.

Adapun jumlah Jong yang turut serta dalam lomba ini berjumlah 1.855 Jong. Selain diikuti oleh masyarakat lokal, lomba ini juga diikuti oleh peserta dari luar Batam dan Johor.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sebelum membuka lomba Jong mengatakan bahwa Batam saat ini tengah mengembangkan pariwisata di Kota Batam. Pulau Putri yang terletak di Nongsa salah satu lokasi yang akan dikembangkan menjadi objek wisata. Untuk pengembangan Pulau Putri, Pemko Batam bekerjasama dengan Kementrian PUPR. Pemko tengah mempersiapkan rencana zona wilayah pantai (RZWP).

”Ke depan sepanjang pantai akan kita timbun dengan pasir, akan kita buat seperti di Bali. Sehingga orang akan banyak datang berkunjung,” paparnya.

Wako juga memberikan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan event ini setiap tahunnya. Diakuinya pelaksanaan lomba ini blm sempurna karena perlu ditata di area sekitar pantai. Untuk penataan ini menurutnya tidak bisa dilakukan oleh Pemko Batam saja tapi juga harus didukung oleh Pemprov Kepri.

Harapannya dengan pembangunan infrastruktur jalan yang dilakukan kini ditambah penataan lokasi wisata target kunjungan wisata 3 juta pada tahun inibdapat terwujud. Untuk itu Wako mengajak masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam memgembangkan pariwisata di Kota Batam.

”Akhir tahun ini Kementrian PUPR akan memulai pembangunan fly over di simpang Kepri Mall. Mudah-mudahan Batam menjadi kota wisata dan masyarakat harus membantu pemerintah untuk menyukseskan pariwisata Batam,” pungkasnya.

Pembukaan lomba Jong ini dihadiri oleh ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, Anggota DPD RI, Hardi S Hood, Anggota DPRD Kota Batam Yunus Spi, Ruslan Ali Wasyim dan pimpinan OPD di lingkungan Pemko Batam.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here