Lorong Pasar Sempit Banyak Kendaraan Parkir

0
835
ANGKUT BARANG: Buruh becak saat angkut barang di Kota Lama. F-Suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pasar Kota Lama Tanjungpinang perlu pembenahan. Bukan hanya soal kebersihan namun juga terkait alur masuk dan keluar, terutama di lorong-lorong yang luasnya hanya sekitar 2,5 meter. Pengujung pasar yang berjalan kaki maupun berkendaraan harus pintar-pintar, jika tidak bisa saling senggol. Apalagi jika sudah dilewati para buruh becak yang membawa barang masuk dan keluar.

Pantauan di lapangan, bahkan lorong tersebut juga digunakan untuk memarkirkan kendaraan. Mulai dari tukang ojek maupun pengunjung. Belum lagi, bahu jalan di gunakan para pedagang berjualan, membuat semakin sempit laluan. Salah satu pemilik toko sembako di kasawan Jalan Gambir, Heru menyebutkan, kondisi seperti ini sudah biasa dilihat. Para pengujung harus saling mengalah, jika tidak bisa bersenggolan. ”Susah juga mau dibahas karena semua saling terkait. Para buruh becak, pedagang, tukang ojek mencari makan juga. Kondisi ini sudah lama terjadi,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (11/8).

Baca Juga :  Lurah Ingatkan Warga Tetap Waspada

Dulu sempat ada wancana tukang becak tidak boleh melewati lorong-lorong tertentu. Mereka diberikan kawasan tersendiri, hanya saja itu tidak berjalan lama. Sebab, para pemilik barang biasanya meminta diantarkan ke depan toko masing-masing. ”Perlu ada yang mengatur dan memberikan solusi. Jika tidak, maka akan seperti ini terus, terkesan semrawut,” paparnya. Menurutnya, kendaraan yang terparkir biasanya tukang ojek yang mangkal yang mencari penumpang dari pengujung yang siap belanja. Dulu sempat ada larangan, karena diberikan kawasan tertentu. Tetapi kini sudah tidak ada petugas yang menertibkan lagi.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Lestarikan Cagar Budaya

Terkait para pedagang yang memanfaatkan bahu jalan juga sudah lama, ini perlu penataan, minimal supaya terlihat rapi. Pengujung Pasar Kota Lama, Rindu mengharapkan, pemerintah memberikan solusi. Meski harus diakui, kemajuan juga ada sekarang. Diantaranya, jalan raya sudah tak macet seperti dulu lagi. (cr27)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here