Lowongan CPNS

0
206
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat meninjau proses penerimaan CPNS beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

Kapan penerimaan CPNS. Pemerintah mesti terbuka, membuka lowongan dan prosesnya dan tahapannya serta hasilnya. Kalau bisa ada simulasi computer assisted test (CAT). Semoga panitia penerimaan CPNS bisa jujur dan tanpa titipan. Apa saja syaratnya, apa saja tahapannya. dan apa saja yang diujikan.
085264633417

TANGGAPAN:
Pengadaan CPNS Tahun 2018 ini direncanakan akan membuka 238.015 formasi. 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda).

Peruntukan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari jabatan inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di kabupaten/kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi. Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari : Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Untuk persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh setiap calon pelamar disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Teknis pendaftarannya dilakukan serentak secara daring/online oleh Panitia Seleksi Nasional yang secara teknis dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Negara melalui portal pendaftaran daring/online (sscn.bkn.go.id).

Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan.

Ada tiga tahapan seleksi pelamar CPNS, yakni seleksi administrasi, SKD, dan SKB. Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, pelamar harus lolos seleksi administrasi.

SKD merupakan salah satu tahapan setelah pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2018 ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) seperti diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018.

Formasi khusus yang sempat menyita perhatian masyarakat pasca Asian Games adalah atlet berprestasi internasional. Dalam hal ini, pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Menpora, dan merujuk pada ketentuan Permenpora No. 6/2018 tentang Persyaratan dan Mekanisme Seleksi, dan Pengangkatan Olahragawan Berprestasi menjadi CPNS tahun 2018.

Pelaksanaan seleksi pada minggu ketiga Oktober 2018 (SKD dan SKB). Pengumuman kelulusan pada minggu keempat November 2018. Sedangkan tahap pemberkasan dimulai pada bulan Desember 2018.

Masyarakat diminta memantau informasi mengenai rekrutmen CPNS ini melalui situs Kementerian PANRB yakni menpan.go.id dan situs BKN melalui sscn.bkn.go.id.

Saat ini jumlah PNS sekitar 4,3 juta, dengan proporsi terbesar selain guru dan tenaga kesehatan adalah tenaga pelaksana/administratif sebesar 1,6 juta atau sekitar 38% dan tenaga teknis keahlian sebesar 372 ribu atau sekitar 8,6%. Komposisi PNS yang tidak seimbang tersebut akan menyulitkan dalam menghadapi tantangan ke depan.

Menyikapi hal tersebut kita memerlukan spesialisasi keahlian. Untuk itu pula, perencanaan dan usulan PNS baru, harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik. (mas)

Syafruddin
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), 

TANGGAPAN:
Bagi yang ingin mendaftar jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kini sudah bisa mempersiapkan berkasnya. Pembukaannya 19 September mendatang.

Ada 90 daerah di Indonesia yang sudah menerima kuota penerimaan untuk masing-masing daerah, termasuk Tanjungpinang. Kuota yang diberikan Kemenpan RB untuk Kota Tanjungpinang yaitu 246 orang. Formasi yang paling banyak dibutuhkan lulusan kependidikan atau menjadi guru.

Kabid di BKSDM baru pulang dari MenpanRB, mengikuti rapat dan sekaligus menerima kuota penerimaan CPNS Tanjungpinang. Jadi informasi detail akan diberikan setelah melaksanakan rapat dulu bersama Pak Raja Ariza dan Sekda.

Dari 246 kuota penerimaan CPNS formasi lulusan kependidikan disediakan 164 orang. Diurutan ke dua, tenaga medis yaitu 66 orang dan sisanya 17 formasi untuk bidang teknis.

Rincian untuk guru, terdiri dari tiga orang lulusan kependidikan guru agama Buddha dan 22 orang lulusan kependidikan guru agama Islam. Sisanya untuk berbagai mata pelajaran lainnya.

Sedangkan untuk tenaga medis, dibutuhkan 10 dokter umum, selain itu dokter spesialis kulit dan anak, masing-masing dua orang. Serta dokter gigi tiga orang ditambah perawat spesialis gigi empat orang. Sisanya, 16 orang lulusan keperawatan dan 17 untuk formasi bidan.

Selain itu, untuk 17 formasi teknis terdiri dari berbagai lulusan disiplin ilmu. Untuk rincinya nanti akan diberitahukan, sebab belum dibuka amplopnya. Nanti akan diumumkan juga secara resmi kepada masyarakat.

Jika tidak ada perubahan pendaftaran akan dibuka 19 September mendatang. Terkait syarat-syarat, ia menilai hampir sama pada umumnya. Kami akan sampaikan setelah rapat bersama tingkat kota maupun bersama BKD Provinsi Kepri nantinya. (dlp)

Tengku Dahlan
Kepala BKSDM Kota Tanjungpinang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here