Lowongan Komisioner Bawaslu Kepri Dibuka

0
789
Otong Rosadi

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menambah 2 anggota Bawaslu Kepri. Sebelumnya, ada tiga orang anggota Banwalu Kepri dan akan ditambah menjadi lima orang. Pendaftarannya dibuka hari ini, Kamis (3/5) sampai Rabu (9/5).

TANJUNGPINANG – Bagi yang berminat menjadi anggota Bawaslu Kepri, bisa mendaftar di sekretariat penerimaan calon Bawaslu Kepri di Asrama Haji Tanjungpinang, setiap jam kerja.

Penambahan jumlah anggota Bawaslu provinsi berdasarkan jumlah penduduk. Ini amanah UU Nomor 7/2017. Ketiga Bawaslu Kepri yang sudah ada yakni Muhammad Sjahri Papene, Rosnawati, dan Idris.

Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) Bawaslu Provinsi Kepri, Otong Rosadi mengatakan sesuai amanah Undang-Undang maka ia membuka seleksi calon komisioner Bawaslu Kepri.

”Bukan hanya Bawaslu Provinsi Kepri saja yang bertambah jumlah komisionernya, tapi ada beberapa daerah lain juga bertambah komisionernya. Penambahanya ada dua hingga tiga orang komisioner,” kata Otong Rosadi kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (2/5).

Kata Otong, masa tugas Bawaslu Provinsi Kepri sudah tidak lagi ad hoc tapi sudah permanen. Masa jabatan komisionernya lima tahun, sama dengan masa jabatan KPU. Selama ini, status Bawaslu Kepri ad hoc, bila sudah selesai pilkada maka komisioner Bawaslu bubar, tapi sekarang harus lima tahun.

Sambung dia, aturan yang baru, tugas serta kewenangan dan tanggungjawab komisioner Bawaslu semakin berat. Tugas Bawaslu sudah tidak hanya melakukan pengawasan pada proses Pemilu saja tapi, bisa memberikan tindakan serta keputusan ketika ada terjadi sengketa proses pada Pemilu. Seperti ada gugatan dari hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu bisa memberikan keputusan. ”Bawaslu nanti seperti hakim. Bisa memberikan keputusan dan penetapan,” terang dia.

Ia berharap agar masyarakat Kepri ramai-ramai mendaftar sebagai calon Komisioner. ”Kita berharap banyak masyarakat yang berminat untuk menjadi komisioner Bawaslu Provinsi Kepri,” harap dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here