Lowongan Langka, Kapan Ada Rekrutmen CPNS?

0
447
Peserta CPNS: Peserta CPNS KemenkumHAM berbaris sebelum mengikuti tes di Hotel Comfort beberapa waktu lalu. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

MBS Banyak nya korban Phk, sempitnya lowogan kerja di Kepri membwt masyrakat berusha sendri untk perut. Penjarahan gunung u/ d ambil Granitnya. Dr dpn gunung itu mash terlhat penuh tumbuhan, tapi jika kita mlhat dari belakang gunung, dimana gunug udah gundul, karena kayu n granit diambl u/djual untuk bertahan hidup. Kayu bakau juag dijarah untuk beli beras. Tapi mau gimana lg, pemda jg gak bs brbwt apa2 kalau perut udah menuntut, maklum krjan juga susah.
+6282383942774

TANGGAPAN:
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang ditargetkan akan berlangsung Maret 2018.

Pihak Kemenpan-RB bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan melakukan validasi usulan formasi yang masuk dari seluruh instansi dan daerah. Validasi usulan Februari, Maret, baru merencanakan perekrutan dan seleksi.

Profil Aparatur Sipil Negara (ASN) kedepan, antara lain memperhatikan integritas, memahami informasi dan teknologi, menguasai bahasa asing, memiliki jaringan, serta wirausaha. Lima faktor tersebut menjadi tolok ukur pemilihan ASN yang bakal diterima.

Profil ini yang menjadi fokus untuk mencari ASN sampai tahun 2024. Pembangunan jangka menengah (RPJM) yang selama ini dipetakan KemenPAN-RB pada empat periode terakhir, yaitu good governance tahun 2005-2009, reformasi birokrasi tahun 2010-2014, ASN merit system pada 2015-2019, dan world class government yang ditargetkan tahun 2020-2024.

Hingga saat ini, sudah 80 persen usulan formasi yang masuk. Sekali lagi, usulan tersebut masih akan diseleksi jabatan formasi mana yang mendukung pemda pemerintah daerah tersebut.

Pada penerimaan CPNS 2018 mendatang, KemenPAN-RB akan memfokuskan pada jabatan teknis atau fungsional. Hal tersebut melihat jumlah ASN bidang Administrasi sudah menjadi yang tertinggi dengan persentasi 37,7 persen dari jumlah ASN di Indonesia, sementara tenaga pengajar yakni 37,6 persen.

KemenPAN-RB mengusulkan kuota CPNS yang akan direkrut pada 2018 sebanyak 250 ribu. Jumlah tersebut untuk menutupi jumlah pensiun yang pada 2018 mencapai 250 ribu orang.

Kuota tersebut akan diisi oleh 38 ribu CPNS pusat dan sisanya untuk pemerintah daerah daerah.

Prinsip rekrutmen CPNS adalah zero growth. Karena ada 250 PNS pensiun, otomatis kami usulkan ke Kementerian Keuangan sebesar itu. Apakah dipenuhi atau tidak tergantung keuangan negara.

Bila anggaran memadai, masalah kekurangan pegawai akan teratasi. Sebab, semuanya akan diakomodir. Sebaliknya bila dana minim akan membuat jumlah pegawai makin berkurang.

Nantinya, kuota 250 ribu ini akan memenuhi formasi jabatan yang dibutuhkan yaitu tenaga pendidikan, kesehatan, dan pegawai yang dibutuhkan sesuai program Nawacita. ”Nanti dibagi-bagi. Jadi tidak bisa dikhususkan untuk satu instansi. Misalnya semua guru atau tenaga kesehatan. Harus dibagi sesuai usulan kebutuhan instansi.

Meski Kemenpan RB sudah mengusulkan rekrutmen CPNS 250 ribu oraqng, namun realisasinya tergantung Kementerian Keuangan karena menyangkut dana yang harus disiapkan untuk gaji. .

Untuk seluruh provinsi dan Kabupaten kota kuotanya 212 ribu kursi. Sistem seleksi CPNS baru diawasi oleh Kementerian PAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

Jadi kalau ada yang lolos seleksi itu bukan karena bantuan calo atau oknum. Tetapi memang yang bersangkutan itu sesuai kompetensi. (mas)

Setiawan Wangsaatmaja,
Deputi SDM KemenPAB-RB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here