Luis, Raih Nilai UN SMA Tertinggi di Kepri

0
2745
Kepala SMAN 1 Tanjungpinang, Imam Syafii mendampingi Luis Indracahya saat menunjukkan hasil nilai UNBK tertinggi se Kepri, Jumat (45) di SMAN 1 Tanjungpinang.f-desi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Rona bahagia tak bisa disembunyikan Luis Indracahya. Ia berhasil meraih nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) teringgi tingkat SMA se-Kepri. Luis begitu sapaan akrabnya, merupakan siswa SMAN 1 Tanjungpinang jurusan IPA. Ia berhasil meraih total nilai 375,5 untuk empat mata pelajaran. Bahasa Indonesia 92,0, Bahasa Inggris 96,0 dan Matematika serta Kimia 92,5 dan 95,0. Dengan rata-rata nilai, 93,9.

Didampingi Kepala SMAN 1 Tanjungpinang, Imam Syafii kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (4/5) pagi, Luis mengaku senang. Melalui perolehan nilai UNBK tersebut, ia dapat membahagiakan orangtua serta pihak sekolah dan khususnya nama Tanjungpinang di tingkat provinsi.

Ia menuturkan, hasil ini tak terlepas dari peran semua pihak. Selain orangtua, ada pihak sekolah yang sejak akhir tahun lalu rutin memberikan jam tambahan pelajaran. “Khusus mata pelajaran yang masuk ujian nasional, sejak Oktober tahun lalu ada jam tambahan. Jadi di kesempatan itu, saya terus melatih diri menjawab soal-soal,” tuturnya sembari tersenyum.

Baca Juga :  SMPN 5 dan SMPN 6 Terima Alat Drumben

Terkait prestasi akademis kelas, dituturkanya selalu masuk kategori tiga besar. “Persaingan di SMAN 1 cukup berat, saya tak selalu juara pertama. Terkadang peringkat ke dua dan ke tiga,” ucap anak dari pasangan Liw Hang Bun dan Irena.

Rencananya, setelah lulus, ia akan melanjutkan pendidikan ke jurusan Ilmu Komputer di Universitas Indonesia (UI) atau Teknik Informatika di Binus. “Kalau yang di Binus sudah diterima, tinggal menunggu hasil SBMPTN yang di UI. Di dua kampus itu, saya memilih jurusan yang berkaitan dengan komputer,” terangnya.

Ia mengaku suka dengan mata pelajaran matematika, menurutnya, di jurusan komputer ia bisa merealisasikan hitungan-hitungan itu. “Orang yang ingin menguasai komputer membutuhkan kesukaan yang tinggi terhadap matematika, saya suka matematika makanya pilih jurusan teknologi komputer tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sebanyak 3. 535 Siswa SD Terima Dana PIP

Ia berharap melalui ilmu yang nantinya dipelajari, dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Dikesempatan itu, Imam Syafii mengaku banga dengan prestasi-siswa-siswi SMAN 1 Tanjungpinang. Bahkan secara nilai rata-rata sekolah jurusan IPA, SMAN 1 Tanjungpinang masuk urutan ke tiga se Kepri. Dua di atasnya merupakan sekolah swasta di Batam.

Sedangkan untuk jurusan IPS, masuk peringkat ke tujuh. Diungguli, SMAN 3 Batam pada urutan ke enam. Sedangkan peringkat lima sekolah lainnya swasta dari Batam. “Kalau sekolah negeri, nilai rata-rata jurusan IPA SMAN 1 Tanjungpinang urutan pertama. Ini cukup baik dan kami mengapresiasi seluruh siswa yang berprestasi,” terangnya.

Baca Juga :  Jangan Tergoda Dekati Narkoba

“Ini cukup membanggakan, karena tahun sebelumnya siswa nilai UN tertinggi itu di Batam. Tahun ini dari Tanjunginang, khusunya SMAN 1 nya,” ucapnya lagi.

Melalui prestasi yang diraih siswa sebagai motivasi untuk adik-adik kelasnya. Di hari itu, terlihat siswa kelas XII, sedang mengambil Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah itu.

Ini dipergunakan untuk syarat penguruan tinggi. Sedangkan ijazah diperkirakan akan keluar, usai Lebaran atau akhir Juni nantinya.

Dikesempatan itu, Imam juga mengatakan beberapa siswa sudah keterima di berbagai peguruan tinggi melalui jalur SNPTN. Diantaranya jurusan kedokteran maupun perminyakan dan beberapa lainnya. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here