Lukita Teken SK KSB Baloi Kolam

0
570

BATAM – Walikota Batam, HM Rudi mengaku belum menerima SK Kaveling Siap Bangun (KSB) dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, untuk warga Baloi Kolam. Meski demikian, Kepala BP Lukita mengaku sudah menandatangani SK tersebut.

Kata Lukita, pihaknya akan menyerahkan SK itu dengan kaveling sebagai tempat relokasi warga Baloi Kolam. ”SK baru saya tandatangani. SK sudah saya tandatangani. Kami akan serahkan selanjutnya ke Pemko,” kata Lukita, Kamis (3/5).

Terkait dengan relokasi, Lukita tidak mengungkapkan waktu yang pasti. Menurutnya, relokasi dalam waktu dekat, dan dipastikan dilakukan tahun ini. Direncanakan sebelumnya, rencana ribuan warga Baloi Kolam, akan ditempatkan di KSB yang disediakan di Nongsa dan Sei Beduk. ”Kita akan melakukan pertemuan dengan FKPD. Harus tahun ini relokasi. Tidak bisa tidak tahun ini,” tegasnya.

Baca Juga :  Kami Sudah Terlihat dari Singapura

Sebelumnya, Wali Kota Batam, HM Rudi menyebutkan, pihaknya belum menerima lahan untuk KSB warga Baloi Kolam. Pemko belum tahu kapan relokasi dilakukan serta belum menerima titik tempat relokasi warga yang dicanangkan oleh BP Batam. ”Katanya sudah ada tujuh tempat, tapi sampai hari ini belum ada lahannya. Makanya saya minta,” kata Rudi.

Setelah lahan diterima untuk diserahkan ke warga, Rudi mengaku akan memanggil warga. Rencana relokasi kemudian akan sosialisasikan. ”Intinya saya tunggu lahanya ada, baru kita panggil warga dan sosialisasi,” tegasnya.

Baca Juga :  Daerah Wisata Dapat Signal 4 G

Relokasi ditargetkan selesai tahun ini, untuk mengejar sertifikat gratis. Selanjutnya, Baloi Kolam dibangun dan dijadikan ikon Batam yang baru dengan bangun-bangunan menjulang. Dimana, ada sekitar 4.500-an warga Baloi Kolam.

Dalam memudahkan warga, aparat kepolisian dan TNI akan ikut serta dalam membantu proses relokasi, dibantu Satpol PP dan Ditpam BP Batam. Ganti rugi yang akan diterima, selain kapling, uang 15 juta per rumah atau bukan per-KK ya. ”Kita mengejar sertifikat gratis untuk kapling warga yang direlokasi. Mumpung ada program sertifikasi, nanti saya akan kasih sertifikasi tanpa bayar,” ungkap Rudi.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here