Lulus, Bisa Geluti Industri Wisata

0
410
Salah satu nara sumber menjelaskan tentang besarnya potensi sektor industri pariwisata kepada peserta seminar di Aula Perpustakaan Pemprov Kepri, Sabtu (28/4) lalu. F-istimewa

STAI Miftahul Ulum Gelar Seminar Tentang Kepariwisataan

Lulusan STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang cocok menggeluti industri pariwisata termasuk jadi guru. Agar lebih matang di bidang wisata, mahasiswa pun menggelar seminar pariwisata di Aula Perpustakaan Provinsi Kepri, Basuki Rahmat, Sabtu (28/4) siang.

TANJUNGPINANG – Seminar yang bertema How To Get Hired The Hospitality Industry ini bertujuan agar mahasiwa STAI MU dan peserta seminar lain bisa lebih mudah mengenal dunia industri kepariwisataan dan bisa menerapkan pengetahuan Bahasa Inggris di dunia kerja.

Menurut Taufik Afdal M.Hum, ketua panitia acara, lulusan STAI MU jurusan Bahasa Inggris tidak hanya berpotensi menjadi guru Bahasa Inggris saja. Alumni STAI MU diharapkan bisa terjun ke dunia industri termasuk industri pariwisata yang sekarang sedang digalakkan pemerintah.

Potensi dunia pariwisata di Kepri sangat bagus. Selain didukung oleh kondisi alam yang baik, Kepri juga berbatasan dengan negara tetangga. ”Belakangan ini, pemerintah juga menggalakkan untuk memajukan sektor pariwisata. Mahasiswa dan alumni STAI MU harus pandai mengambil peranan di sektor ini,” ucap Taufik yang juga Ketua Jurusan Prodi Prodi Tadris Bahasa Inggris, STAI MU.

Menurut Taufik, lambatnya pertumbuhan sektor pariwisata di Kepri, salah satunya karena kurang didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. ”Ini salah satu upaya kita meluluskan sumber daya yang unggul, khususnya untuk Prodi Tadris Bahasa Inggris agar mengambil peranan dalam memajukan dunia pariwisata di Kepri,” ucapnya.

Menurutnya, tujuan lain seminar yang digelar secara berkala itu, untuk mengenalkan mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris STAI MU ke masyarakat Kepri. Beberapa dari alumni Prodi Tadris Bahasa Inggris, STAI MU, menurut Taufik, sudah banyak yang bekerja di sektor pariwisata, khususnya di wilayah Lagoi, Bintan.

Untuk mendukung pengetahuan mahasiswa tentang industri perhotelan, sebut Taufik, prodi Tadris Bahasa Inggris mempersiapkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri pariwisata.

Di penghujung acara, panitia menggelar simulasi ujian wawancara, agar para peserta seminar bisa lebih mudah menghadapi tes interview yang selalu dilakukan menjelang penerimaan karyawan baru di sektor pariwisata.

Seminar itu diikuti 80 peserta dari mahasiswa STAI, umum dan mahasiswa perguruan tingi lainnya. Seminar itu menghadirkan narasumber dari Direktur Human Resources Development Treasure Bay Bintan, Nanna Pardianawati yang sudah berpengalaman 33 tahun di industri pariwisata.(ZAKMI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here