Lulus Kuliah, Miliki Sertifikat Selam

0
889
MAHASISWA-MAHASISWI FIKP UMRAH Tanjungpinang angkatan ke-III foto bersama sambil memegang sertifikat selam A1 POSSI-CMAS. f-istimewa

Khusus Mahasiswa-Mahasiswi FIKP UMRAH Tanjungpinang

Tak hanya berbekal izajah, namun mahasiswa-mahasiswi lulusan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) Tanjungpinang juga dibekali dengan sertifikat selam.

TANJUNGPINANG – Tahun 2016 hingga 2016, proses sertifikasi ini sudah dilakukan dan puluhan mahasiswa-mahasiswi sudah mengantongi sertifikat. Selain modal ke depan, menyelam ini juga bagian dari kebutuhan mahasiswa-mahasiswi yang ingin melakukan penelitian di laut. Sertifikasi yang digelar itu yakni, Open Water Scuba Diving (A1) POSSI-CMAS.

Jumlah peserta angkatan ke-III yang digelar pada tahun 2017 lalu tersebut sebanyak 19 orang mahasiswa/mahasiswi. Seluruh peserta mengikuti sertifikasi selam Open Water Scuba Diving POSSI-CMAS di Pulau Beralas Pasir, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan selama lima hari.

Kegiatan itu diselenggarakan pihak FIKP bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Pengembangan Karir (P3K) UMRAH dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ocean Blue Diving Club (OBDC).

Ketua Pusat Pelatihan Pengembangan Karir (P3K) UMRAH Rika Kurniawan, S.Pi.,M.Si mengatakan, kompetensi diver ini bisa digunakan sebagai penunjang riset di bidang terumbu karang dan ekosistem terkait.

”Dengan adanya sertifikasi ini, lanjut Rika, mahasiswa/mahasiswi kelautan dan perikanan yang ambil bagian menjadi lebih paham menguasai teknik-teknik selam pada umumnya. Sedangkan, sertifikasi yang diperoleh berguna untuk ke depannya sebagai kemampuan (Skill) tambahan ketika lulus kuliah,” terang Rika Kurniawan, yang juga seorang instruktur selam, Selasa (13/3).

Ia menambahkan, kampus UMRAH telah memiliki peralatan yang memadai untuk selam. Sehingga, FIKP dan P3K menganggap pentingnya membekali sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa/mahasiswinya terlebih mahasiswa/mahasiwi FIKP.

Dekan FIKP-UMRAH Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA yang diwakili Wakil Dekan II T Said Raza’i menyebutkan, sertifikasi ini adalah kegiatan fakultas dengan tujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa FIKP. ”Dimana nantinya harapan kita ke depannya, semua lulusan FIKP memiliki kompetensi. Sehingga memiliki daya saing yang baik,” sebut Said Raza’i.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here