Lulus Pelatihan Bisa Buka Usaha Sendiri

0
382
Kadisnakertrans Natuna, Hussyaini saat memantau pembekalan dan pelatihan bagi anak daerah. F-ISTIMEWA

Natuna – Meningkatkan keterampilan atau skill kepada sebagian masyarakat, Pemkab Natuna melalui Dinas Tenaga Kerja dan Tranamigrasi Kabupaten Natuna rutin memberikan pelatihan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna, H Hussyaini menuturkan, usai mengikuti pelatihan, peserta bisa membuka usaha sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Serta bersaing dengan tenaga kerja lainnya.

Masing-masing peserta usai mengikuti pelatihan akan diberikan sertifikat. Sehingga lebih mudah diterima bekerja.

Hal ini dikatakannya di sela-sela memberikan pengarahan kepada peserta yang merupakan anak Natuna di Balai Latihan Kerja Natuna, Rabu (14/11).

Dituturkannya, untuk menunjang kegiatan pelatihan, pihaknya menyediakan sarana dan prasarana, instruktur atau pelatih. Bagi masyarakat yang ingin ikut, bisa mendaftar langsung ke pihaknya atau melalui lurah atau camat setempat.

Ia menuturkan, uoaya meningkatkan kemampuan, tahun ini, ada kerja sama dengan berbagai pihak untuk melatih anak-anak Natuna untuk bidang tertentu.

Segala biaya ditanggung pihak penyelenggara. Ada yang melalaui Balai Latihan Kerja Padang di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan. Serta di Jakarta belum lama ini.

Ada beberapa bidang ilmu yang diberikan yaitu mengelas dan kejuruan otomotif.

“Kita bersyukur beberapa anak-anak muda menerima pelatihan sesuai dengan keinginan peserta,” ucapnya.

Tidak hanya itu, ia menambahkan, sebulan lalu, empat orang dari Natuna mengikuti pelatihan usaha keterampilan kerja cold storage di daerah Bekasi.

“Alhamdulillah, dijadwalkan peserta besok kembali. Mereka sudah sebulan di sana mengikuti pelatihan tersebut,” tuturnya.

Ia memastikan bahwa seluruh biaya yang timhul dari pelatihan ditanggung penyelenggara. Peserta hanya mempersiapkan diri untuk mengikuti pelatihan sesuai jadwal yang ditetapkan.

Menurutnya, sejauh ini, pembelakan keterampilan kepada peserta yang dilaksanakan oleh Disnakertrans telah berhasil dan mampu bersaing dengan daerah lain.

“Kita berharap para peserta juga mandiri dan mampu membuka usaha sendiri serta bersaing dengan lainya dalam dunia kerja,” ucapnya sembari menyebutkan beberapa diantaranya sudah keterima bekerja di luar daerah. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here