Lulusan Kampus Jadi Tolok Ukur Kemajuan Daerah

0
706
Prof Syafsir Akhlus

TANJUNGPINANG – Kampus-kampus dituntut mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dalam upaya membantu pemerintah membangun daerah sesuai dengan potensi yang ada. Terkait hal ini, Rektor UMRAH Prof Dr Syafsir Akhlus MSc menurutkan, bahwa berdiri UMRAH merupakan visi untuk memajukan sektor kemaritiman di Kepri. Untuk itu, seluruh fakultas yang ada di UMRAH mengarah kepada konsep kemaritiman. Diantaranya Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kelautan dan perikanan, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Pendidikan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

”Ini artinya berdirinya kampus UMRAH menciptakan SMD yang berkualitas dalam bidang maritim, meskipun tak melupakan bidang lainnya,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (17/7). Menurutnya, Provinsi Kepri memiliki Suberdaya Alam (SDA) kemaritiman yang berlimpah. Untuk itu, pemerintah harus siap menjadikan SDM Kepri mampu mengolah SDA nya. Tujuannya, agar masyarakat Kepri merasakan nikmatnya kekayaan daerahnya.

Baca Juga :  Pemkab Anambas Kuliahkan 27 Anak Daerah di SBTI

Ia berharap, Dekan seluruh fakultas mampu mengaplikasi serta kreatif dalam mengembangkan konsep kemaritiman. Selain itu, ia juga menekankan mampu mengembangkan jiwa entrepreneur dalam semangat mengembangkan UMRAH dengan segala keterbatasan. ”Tantangan kita saat ini bukan cukup berat, tetapi sangat berat. Dangan berbagai keterbatasan, UMRAH harus mampu menjadi leader untuk membantu memajukan Kepri bersama pemerintah provinsi,” harapnya.

Menurutnya, UMRAH harus aktif dalam pengembangan kawasan Kepri jangan sampai tertinggal dengan daerah dan negara lain. Kepri berbatasan dengan negara asing. Ini tentu menjadi peluang sekaligus tantangan. Bagaimana menciptakan SDM siap bersaing dan memiliki wawasan yang luas untuk mengembangkan Kepri. Untuk itu, saat ini secara sektoral UMRAH telah banyak terlibat dalam berbagai kerjasama penelitian yang berskala nasional dan daerah. Hal itu dapat dituangkan, dengan beberapa kerjasama dalam pengembangan SDM maupun dalam bentuk fisik pembangunan.

Baca Juga :  Pemkab Karimun Kerja Sama dengan Kampus BTI

”Akademisi sangat mempengaruhi pembangunan daerah ini,” tuturnya. Pemerhati dunia pendidikan Karimun, Soffya kemarin meminta mahasiswa lulusan Kepri mampu bersaing dan terpenting mengembangkan daerah. ”Sudah punya banyak kampus, seperti UMRAH, Stisipol, STTI dan STIE di Tanjungpinang. Belum lagi universitas di Batam juga sudah banyak. Harus mampu bangun daerah tertinggal di Kepri,” ungkapnya.

Ia menilai, pulau-pulau masih ada yang jauh tertinggal. Dari berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, kemakmuran ekonomi, sosial dan politik. Dengan berbagai persoalan yang di hadapi, berharap akademisi mampu menyelesaikan hal tersbeut. ”Masih banyak siswa pergi ke sekolah tidak memiliki sarana yang baik. Belum lagi listrik dan lain-lain tak tersedia,” tuturnya mencotohkan. Peran serta lulusan peguruan tinggi dinantikan. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here