Lulusan RA Aluswah Hafal Alquran

0
96
ANAK-ANAK di RA Aluswah Tanjungpinang bermain sambil menunggu orangtuanya datang menjemputnya di depan sekolah ini di Kompleks Masjid Besar Aluswah Batu 10, Jalan D.I Panjaitan. f-martunas/tanjungpinang pos

Gubernur Berpesan, Ilmu Pengetahuan Kunci Utamanya

Bagi masyarakat muslim yang ingin anaknya hafal Alquran begitu lulus TK (Taman Kanak-Kanak), maka Raudhatul Athfal (RA) Aluswah Batu 10 Tanjungpinang jawabannya. Lulusan RA ini rata-rata sudah hafal setengah juz Alquran.

TANJUNGPINANG – KEPALA RA Aluswah, Dwi Afriliyana Syari SPd.I mengatakan, mereka menerapkan lima sistem pembelajaran bagi anak didiknya yakni Sentra Ibadah, Sentra Matematika, Bahan Alam, Bahasa dan Tahfiz Quran.

”Dengan sentra Tahfiz Quran ini, anak-anak kami sudah bisa menghafal Alquran setengah Juz dari Juz 30. Sehingga mereka sudah ada modal untuk melanjutkannya,” ujar Dwi kepada Tanjungpinang Pos di sekolah itu di Komplek Masjid Besar Aluswah Batu 10 di Jalan DI. Panjaitan.

Rata-rata, lulusan RA Aluswah melanjutkan sekolahnya ke SDIT As-Sakinah dan SDIT Ar-Refah yang juga di bawah naungan Yayasan Bina Insan Sakinah (YBIS) Tanjungpinang.

SDIT As-Sakinah yang berada di Komplek Perum Taman Harapan Indah II Jl. D.I Panjaitan Batu 9 ini memiliki program lulusannya sudah bisa hafal 2 Juz Alquran. Sedangkan SDIT Ar-Refah yang berada di Kota Rebah ini memiliki program lulusannya bisa hafal 6 Juz Alquran.

Jam belajar di RA ini mulai pukul 07.30 WIB. Namun, pukul 07.10 WIB, anak-anak sudah mulai masuk dan mereka diajari mengaji.

”Banyak orangtua siswa yang mengantar anaknya ke sekolah ini jam 07.00 karena harus berangkat kerja. Daripada sia-sia waktunya setengah jam, makanya sebelum masuk belajar, kita ajari anak-anak mengaji,” ungkapnya.

Kemudian, ada juga program outing class (belajar di luar) bagi siswa. Sehingga anak-anak bisa mengenal alam yang sesungguhnya dan memberi pemahaman kepada siswa untuk selalu menjaga dan melestarikan alam. Anak-anak juga terus diajari mengenal dan mengeja huruf serta angka-angka.

Terima 125 Siswa Baru
Tahun ajaran 2019/2020 ini, mereka menerima siswa baru untuk Kelompok A 40-50 orang dan kelompok B 60-75 orang. Pendaftaran siswa baru sudah dimulai sejak Februari lalu dan hingga kemarin, sudah 40 siswa yang mendaftar.

Pendaftaran masih dibuka. Syaratnya cukup membawa akte lahir anak, fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan foto orangtua calon siswa.

Untuk masuk RA ini biayanya standar. Uang masuk Rp2,5 juta sudah termasuk lima stel pakaian. Sedangkan uang sekolah bulanan Rp380 ribu.

”Yang Rp385 ribu itu sudah termasuk makan anak satu kali. Kita siapkan makanan untuk anak-anak agar orangtuanya tidak repot,” ungkapnya.

Wajib makan ini diterapkan di RA ini lantaran pengalaman beberapa tahun lalu. Orangtua sering menyediakan makanan anaknya ala kadarnya.

”Sering anak itu hanya bawa mie. Besoknya mie juga. Kasihan anak-anak. Mungkin orangtuanya tak sempat memasak, makanya bikin yang praktis aja. Tapi kalau mie terus, tak bagus untuk perut anak. Kita pikirkan juga sampai ke sana. Sekarang sudah wajib makan di sekolah,” ungkapnya.

Jika dihitung-hitung, uang sekolah itu tergolong murah. Sebab, siswa diberi makan setiap hari dengan lauk yang berbeda serta sehat karena lengkap dengan sayurnya. Wajib makan ini mendapat respon positif dari orangtua siswa. Karena anaknya yang awalnya susah makan, akhirnya sudah mudah diberi makan.

Selama ini anak yang harus disuapi, akhirnya sudah bisa mandiri. Jika selama ini anaknya tidak mau makan sayur, setelah makan wajib itu sudah gemar makan berbagai jenis sayur dan lauk.

”Mungkin karena makan bersama-sama itu, anak-anak pun suka makan lauk dan sayur. Tidak milih-milih makanan lagi. Itu salah satu manfaatnya,” tambahnya.

Adapun katering mereka adalah salah satu usaha bisnis yang dikelola Yayasan Bina Insan Sakinah. Katering ini juga yang menyediakan makanan untuk SDIT As-Sakinah, SDIT Ar-Refah dan SMPIT As-Sakinah Tanjung Sebauk.

Setiap bulan, dilakukan juga pertemuan dengan orangtua siswa (parenting) di sekolah itu. Berbagai bahan dibahas dalam pertemuan itu baik yang umum maupun tentang pembelajaran agama bagi siswa.

Sekolah ini sudah pengalaman dan menamatkan ribuan siswa sejak berdiri tahun 2000. Ilmu keagamaan yang kuat salah satu keunggulan RA ini di samping membekali lulusannya dengan metode baca dan perhitungan.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here