Lulusan SBTI Go Internasional

0
276
MAHASISWA dan mahasiswi SBTI saat menerima sertifikat kelulusan pada acara Wisuda ke-VIII di Ballroom Hotel Bintan Lagoon Resort, Lagoi, Rabu (9/5). F-adly bara hanani/tanjungpinang pos

148 Mahasiswa Kembali Diwisuda

Lulusan Kampus Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) Bintan kini banyak yang berkarir di hotel mewah di Tanah Air maupun di berbagai negara di dunia.

BINTAN – SEJUMLAH alumni SBTI bekerja di luar negeri seperti di Dubai, Maldives, Malaysia, Thailand dan beberapa negara Asean lainnya. Bahkan, seratusan mahasiswa yang diwisuda, Rabu (9/5) lalu rata-rata sudah bekerja di perhotelan yang ada di Kepri.

Sekitar 148 mahasiswa diwisuda di Ballroom Hotel Bintan Lagoon Resort, Lagoi, Rabu (9/5). Ini merupakan wisuda ke-VIII batch 15 dan 16 serta 17

Acara wisuda ini dengan tema ‘Siap Membentuk Sumber Daya Manusia yang Kompeten dan Profesional, Dalam Mewujudkan Kepulauan Riau Sebagai Sustainable Tourism Destination (STD)’.

Direktur SBTI Endang Winduri S Sos MM menyampaikan dalam laporannya, wisuda ke-VIII sebanyak 148 wisudawan-wisudawati yang dari 3 batch yaitu batch 15,16, dan 17. ”Wisuda tahun ini kita meluluskan sebanyak 148 orang dari 3 batch yaitu batch 15, 16 dan 17 dengan rincian batch 15 sebanyak 16 orang, batch 16 sebanyak 60 orang dan batch 17 sebanyak 72 orang dari 5 jurusan yaitu Front Office, Housekeeping, Food & Beverage Service, Food Product dan Pastry,” ucap Endang Widuri usai acara wisuda.

Ia menjelaskan, wisuda ini, SBTI juga meluluskan mahasiswa dengan predikat nilai terbaik yaitu dari batch 15 Verry Hidayatullah Kanbera dari jurusan Housekeeping dan Dita Monica dari jurusan Food Product sekaligus menjadi lulusan terbaik umum batch 15.

Sedangkan untuk batch 16 yakni Arief Wirdatha jurusan Housekeeping dan Atika Aprilia Pakpahan jurusan Food and Beverage Service, Nuralfiandi Meyriansyah jurusan Food Product serta Vira Front Office sekaligus terbaik umum batch 16.

Untuk batch 17 yakni Kristiani Barus jurusan Front Office, Andini jurusan Housekeeping, Tri Septiani jurusan Food Product serta Erva kusuma Wijayanti jurusan Food and beverage Service yang menjadi lulusan terbaik umum batch 17.

”Setiap wisudawan-wisudawati yang lulus rata-rata sudah bekerja di perhotelan yang ada di Kepri. Sementara untuk alumni atau lulusan SBTI juga sudah tersebar di seluruh Nusantara dan luar negeri,” jelasnya.

Endang juga menambahkan, tentang perkembangan pariwisata di Indonesia ini semakin meningkat dari pertambangan seperti yang diungkapkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia.

Perkembangan Pariwisata di Indonesia sudah meningkat dan semakin maju, yang awalnya dari posisi 5 di Indonesia sekarang sudah menduduki posisi 3. ”Dampaknya ke Bintan sebagai bagian dari Provinsi Kepri yang sudah menjadi nomor 3 paling banyak kunjungan
wisatawan mancanegara setelah Jakarta dan Bali di peringkat pertama,” jelas Endang.

Dengan pencapaian itu, SBTI sebagai kampus pariwisata tentunya memiliki tantangan dalam mendidik serta menyiapkan tenaga-tenaga profesional di sektor perhotelan yang mumpunI dan mampu bersaing.

Terlebih, SBTI berdiri di kawasan wisata terpadu bertaraf internasional di Lagoi Kabupaten Bintan. Sehingga, dalam mendidik mahasiswa-mahasiswi SBTI harus benar-benar terlatih dan profesional dan yang terpenting lulusan SBTI juga dibekali sertifikasi profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang sudah berkualifikasi dan diakui di Asean.

Dalam rangkaian acara wisuda ini, pihak SBTI juga ada mengundang Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya Jakarta Prof Dr.Ir Kohar sulistyadi, M SIE untuk menyampaikan orasi ilmiah kepada hadirin.

Pada orasi itu, Prof Dr Ir Kohar sulistyadiyang lebih menekankan untuk membangun Sumber Daya Manusia yang kompeten dan profesional dan mampu bersaing. Acara wisuda ini dihadiri oleh Bupati Bintan yang di wakili oleh kepala BPPPD Bintan Drs Wan Rudi Iskandar MM, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (P2TSP) dan Tenaga Kerja Hasparizal Handra S Sos, GGM PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab.

Ketua Yayasan Bintan Resort Ir Aditya Laksamana, Dinas Pendidikan Bintan yang di wakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Dasar Johari S Pd, Dinas Pariwisata Bintan yang di wakili oleh Sekretaris Hasan serta Kepala dinas P2TSP dan Tenaga kerja Kabupaten Kepulauan Anambas Yunizar SE MP, dan tamu undangan lainnya.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here