Lulusan SMK Harus Mampu Berwirausaha

0
345
FOTO BERSAMA: Pelajar dan guru SMKN 1 berfoto di halaman sekolah sebelum berangkat Praktek Kerja Lapangan (PKL) di beberapa perusahaan di Karimun. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan mampu berwirausaha setelah lulus sekolah, sehingga tidak bergantung dengan perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan.

KARIMUN – ”Materi pembelajaran tentang wirausaha harus dimatangkan, tidak hanya sebatas mata pelajaran biasa saat sekolah. Tetapi setelah lulus tidak dapat mengembangkan wirausaha sebagaimana saat diajarkan. Guru harus mengajak atau memaksimalkan potensi siswa, yang memiliki bakat menjadi pelaku wirausaha,” kata Maniur S, pemerhati pendidikan Karimun Senin (12/2) kemarin.

Lebih lanjut Maniur mengungkapkan, jenis kompetensi yang ada di sekolah kejuruan disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja. Ke depan, industri harus membuka lowongan pekerjaan tetapi bisa langsung merekrut lulusan SMK sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

”Untuk itu, ini menjadi tugas utama tenaga pendidik. Dengan menjadikan lulusan SMK memiliki kemampuan membuka lapangan pekerjaan sendiri, tanpa bergantung kepada lapangan pekerjaan yang ada. Seperti membuka jasa teknisi jaringan listrik dan mesin,” terang Maniur.

Di tempat terpisah, Kepala SMK Negeri 1 Karimun Mastur mengatakan, siswa/i SMK telah dibekali dengan pengetahuan tentang berwirausaha. Dengan harapan, kelak setelah lulus siswa dapat membuka lapangan kerja sendiri dengan bekal ilmu yang telah dimilikinya.

”Beberapa alumni SMK Negeri 1 Karimun telah bekerja di beberapa perusahaan shipyard di Karimun dan di luar seperti Batam dan daerah lainnya.

Hanya saja, memang belum dapat mengeluarkan sertifikat kompetensi keahlian untuk memudahkan lulusan mendapat pekerjaan.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here