Lumpuhnya Perekonomian di Indonesia

0
832

Oleh: Indah Apriani
Mahasiswi Ilmu Administrasi Negara UMRAH Tanjungpinang

Lumpuh merupakan suatu keadaan yang tetap dan tidak bergerak. Sedangkan perekonomian merupakan salah satu faktor penunjang kesejahteraan pada rakyat.

Keadaan di negara-negara berkembang dalam beberapa tahun ini menunjukkan bahwa pengembangan dalam pembangunan ekonomi yang telah tercipta tidak dapat mengadakan kesempatan kerja yang lebih baik dan cepat dari pada pertambahan penduduk.

Salah satunya di Indonesia masih banyaknya pengangguran yang menyebabkan rendahnya perekonomian. Pengangguran seringkali menjadi masalahdalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang.

Sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya. Sementara biaya hidup yang begitu mahal tidak bisa terkendalikan.

Baca Juga :  Menakar Waktu yang Terbuang karena Game Online

Seperti yang kita ketahui di zaman sekarang ini banyak mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi. Namun mereka masih bingung untuk mencari pekerjaan yang bisa menerima mereka.

Malahan ada yang tidak pernah mengenyam yang namanya pendidikan tinggi tetapi mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang layak.

Apakah hal itu tergantung dari nasibmereka masing-masing atau harus ada usaha dan kerja keras dari mereka sendiri. Kalau sudah seperti ini tentu nanti berkurangnya minat dalam melanjutkanpendidikan yang lebih tinggi lagi karena mereka berpikir bahwa untuk kuliah itu mahal tetapi tidak menjamin sesorang dalam mendapatkan pekerjaan yang layak.

Baca Juga :  Penggunaan Teknologi Gadget Bagi Ibu Rumah Tangga

Indonesia merupakan negara yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Tetapi kita miskin akan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kita tidak pandai dalam memanfaatkan kekayaan alam yang ada di negara kita.

Kita terlalu sering terlena dan tidak berbuat apa-apa. Tetapi begitu antusiasnya bagi orang asing yang lebih tahu dalam mengelola Sumber Daya Alam kita.

Diibaratkan kita sebagai tuan rumah tetapi justru orang lain yang lebih mengetahui isi rumah kita dan mereka diam-diam mencuri kekayaan kita yang sangat berharga.

Hal ini merupakan masalah besar bagi pemerintah yang harus diselesaikan dan kalau lambat diselesaikan tentunya membuat lumpuhnya perekonomian bagi negara Indonesia.

Baca Juga :  Jempolmu Harimaumu

Sementara kita ketahui bersama bahwa untuk meciptakan negara maju, salah satu faktornya adalah tinggi perekonomian yang menyebabkan rakyat sejahtera.

Dalam melihat tingginya perekonomiansuatu negara dapat kita lihat dari pembangunan ekonomi. Adapun faktor-faktor pembangunan ekonomi yakni : Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), sosial budaya, keadaan politik.***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here