Lurah Batu Sembilan Baru Terima 311 KKS

0
677
SEORANG warga melintas di depan E-Warong Gotong Royong Kampung Bangun Rejo RT04, Kelurahan Batu IX.f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – SEBANYAK 895 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Batu IX terdata sebagai menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Namun, kartu dari program pemerintah pusat untuk membantu masyarakat kurang mampu itu, belum sampai separuh yang didistribusikan.

”Jatahnya 895 KKS. Tapi, kita baru terima 311 KKS. Katanya, tahun 2018 ini selesai dibagikan KKS ke masyarakat kurang mampu. Ini kan program bantuan perorangan non tunai,” keluh Lurah Batu IX, Fery Andana kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (24/5) lalu.

Kenapa program bantuan perorangan non tunai? Menurutnya, KKS yang diberikan oleh pihak perbankan langsung ke penerima (masyarakat). Tidak ada perwakilan dari pihak keluarganya untuk menerima KKS tersebut. Alasannya, KKS akan langsung diaktifkan oleh pihak perbankan. Agar penerima KKS bisa langsung menggunakan kartu tersebut. ”Kartu itu seperti ATM. Karena kartunya main gesek,” ucap Fery.

Baca Juga :  Lantamal Gelar Pengarusutamaan Gender

Kegunaan KKS itu, kata Fery, masyarakat sudah tidak lagi membawa uang tunai untuk belanja di E-Warong. Barang yang diperbolehkan untuk dibeli, mulai dari beras, minyak goreng, dan telur ayam.

Untuk beli tiga komoditi tersebut, masyarakat tinggal membawa KKS ke E-Warong. Pasalnya, di KKS sudah ada saldo sebesar Rp 110 ribu. Sedangkan yang mengisi saldo di KKS itu, dari pemerintah pusat. Saldo akan diisi oleh pemerintah pusat, setiap bulan sekali ke KKS milik masyarakat masing-masing.

”Pokoknya, masyarakat tinggal terima bersih saja. Setahu saya, uangnya harus dihabiskan untuk belanja,” terang dia.

Baca Juga :  Pos Kamling di Pelantar Tetap Aktif

Kalau dulu, lanjut dia, masyarakat datang ke kantor lurah bawa uang untuk beli beras. Kalau tidak ada uang, masyarakat tersebut tidak bisa mengambil berasnya. ”Sekarang betul-betul mudah dan membantu masyarakat,” ucap dia.

Dalam kesempatan ini, Ketua E-Warong Gotong Royong Siti mengatakan, baru sekitar seratusan masyarakat yang memanfaatkan KKS. Pasalnya, kartu yang diterima masyarakat baru diaktifkan oleh pihak perbankan.

Untuk saat ini, lanjut Siti hanya tidak komoditi yang harus diterima oleh masyarakat penerima KKS. Mulai dari beras sebanyak 8 kilo, minyak goreng 2 liter dan telur 3 butir. (ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here