M Syahid Ridho, Melawan Kemustahilan Politik

0
474
M Sayid Ridho Anggota DPRD Kepri. f-istimewa

Muhammad Syahid Ridho politisi PKS Kepri menjadi anggota termuda di DPRD Provinsi Kepri. Pria ini kelahiran 21 September 1992.

Saat ini, pria yang berlatar belakang dengan kegiatan sosial ini, dipercayakan sebagai Sekretaris Komisi I DPRD Kepri. Perjuangan anggota yang masih berusia di bawah usia 30 tahun di DPRD Kepri ini, boleh dikatakan sebagai kemustahilan dalam panggung politik Kepri. Hanya dia yang berusia di bawah umur 30 tahun di DPRD Kepri.

Menurut pria yang aktif berorganisasi sejak kuliah ini, perjuangannya meraih kursi DPRD Kepri tidak lah mudah. Tidak banyak anak muda sepertinya, bisa meraih kursi di legislatif. Kader muda dari satu partai, biasanya hanya penambah suara partai, tapi tidak dipersiapkan untuk benar-benar menjadi anggota dewan.

”Saya menyebutnya sebagai kemustahilan politik. Dalam politik praktis itu biasanya kursi diraih oleh politisi-politisi berusia di atas 40 tahun. Dan orang seperti saya yang tinggal di hinterland Kota Batam, sulit sekali untuk meraih kursi,” ujarnya.

”Di samping itu. saya juga tidak memiliki cost politik yang besar seperti politisi pada umumnya. Saya hanya memiliki modal sosial, tapi minim modal finansial,” kata M Syahid Ridho politisi muda PKS Kepri ini, Kamis (24/10) kemarin.

Anak pertama dari tujuh bersaudara ini juga menambahkan, dia berhasil meraih kursi ini merupakan perjuangan melawan kemustahilan politik. Ia mengimbau kepada kaum muda, jangan takut atau khawatir terhadap politik praktis.

PKS telah membuktikan kepada M Sayid Ridho, bahwa laluan untuk anak muda terbuka lebar. Tidak ada seting menyeting perolehan suara. Ridho berhasil melawan mitos politik untuk kaum tua, memecahkan mitos bahwa politik praktis untuk golongan berduit sekaligus membantah mitos anak pulau tidak mungkin bisa jadi dewan.

”Saya adalah bukti dari perlawanan mitos itu,” kata Syahid Ridho.

”Saya pikir dari sekian banyak partai yang mengusung taqline muda, PKS punya komitmen untuk anak muda tidak hanya sekedar taqline. Saya pikir PKS adalah partai yang pas untuk anak muda, yang baru mau atau akan terjun ke panggung politik,” ungkap Syahid Ridho.

Ridho merupakan tokoh muda dari Belakang Padang (Batam). Sebelumnya dia dikenal seorang aktivis mahasiswa dari Unand Padang. Kini, ia menjadi DPRD Kepri dari Dapil 5 Kepri. Yaitu pemilihan di Sekupang, Batu Aji, Sagulung, Belakang Padang. (yendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here