Madrasah Belum Siap Terapkan Sekolah Lima Hari

0
551
GUNTING PITA: Abu Sufyan (kiri) mendampingi Wabup Bintan Dalmasri Syam, Kepala Kanwil Kemenag Marwin Jamal, dan Kemenag Bintan Erizal Abdullah saat pengguntingan pita tanda peresmian RKB Madrasah di Bintan. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Madrasah se Provinsi Kepri, mulai dari tingkat MI, MTs dan MAN masih menunggu surat keputusan Menteri Agama (Menag) RI terkait kebijakan sekolah lima hari atau Full Day School (FDS), yang diwacanakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mulai tahun ajaran baru 2017/2018 mendatang. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Provinsi Kepri H Abu Sofyan, menegaskan pihaknya tidak bisa langsung menindak lanjuti perintah sekolah lima hari itu, jika tidak ada penegasan tertulis dari Menag RI.

”Artinya kita di madrasah tidak ada wacana, belum ada action, belum ada persiapan,” ujarnya, kepada Tanjungpinang Pos, kemarin. Memang lanjut dia, ada beberapa madrasah yang meminta izin untuk sekolah lima hari dan sudah berlangsung dua semester terakhir ini. Sekolah itu antara lain, MAN Tanjungpinang dan MTS Bintan Timur.

”Kita evaluasi. Setelah kita evaluasi ada positif dan negatifnya. Negatifnya, kita belum punya konsep dari pagi sampai sore. Setelah salat zuhur ternyata proses belajar mengajar tidak efektif lagi di kelas. Muridnya ngantuk, gurunya masuk kadang tidak,” beber Abu. Jadi full day school ini, tergantung juga dengan disiplin gurunya, apakah mereka sudah siap mengajar ditambah waktunya sampai sore. Tapi ketika pola belajar sekolah lima hari itu, lebih mengedepankan pelajaran tentang pembentukan karakter, diskusi kelompok, maka bisa dipastikan tidak begitu monoton nantinya.

”Sekarang ini dari dua madrasah yang sudah menerapkannya, ternyata masih banyak yang harus saya evaluasi,” jelasnya. Saat ini ada sekitar 326 madrasah yang tersebar seluruh Kepri. Jumlah tersebut terdiri dari Raudahtul Athfal 169, Madrasah Ibtidaiyah 63, Madrasah Tsanawiyah 61, dan Madrasah Aliyah 33. Yang baru menerapkan FDS hanya dua sekolah sampai saat ini. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here