Maemona Wakili Stisipol ke Taiwan

0
1028
MENYERAHKAN: Ketua Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka S Sos MPM (kanan) menyerahkan cinderamata kepada Maemona Latifah untuk diserahkan kepada i-Shou University Taiwan nantinya. F-ISTIMEWA/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Maemona Latifah dari Prodi Sosiologi semester tujuh Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Raja Haji (Stisipol RH) mengikuti kuliah jangka pendek ke i-Shou University Taiwan.

Keberangkatannya dilaksanakan, Selasa (12/12) kemarin dari Kampus. Maemona nantinya akan bertemu dengan mahasiswa lainnya dari beberapa peguruan tinggi di Indonesia.

Seperti pewakilan dari sekolah tinggi di Yogyakarta dan Bukit Tinggi Provinsi Sumatera Barat. Endri Sanopaka S Sos MPM menyebutkan, program kuliah jangka pendek sebagai tindaklanjut dari MoU antara Stisipol RH dengan i-Shou University Taiwan.

Sehingga, mahasiswa Stisipol RH berkesempatan mengikuti program kuliah jangka pendek. ”Terpilihnya satu orang tergantung dari keinginan masing-masing, namun kami umumkan secara keselurhan kepada seluruh mahasiswa/i dan terutama bagi yang memiliki paspor,” ujar Endri, Senin (11/12).

Dari penjaringan, hanya seorang mahasiswi yang bersedia untuk mengambil penawaran itu yakni Maemona.

Dalam kegiatan ini, pihak Stisipol RH turut menanggung biaya transportasi ke Taiwan Pergi dan Pulang (PP). Setelah mengikuti rangkaian Short Program lanjut Endri, tentunya akan diminta membuat jurnal laporan kegiatan Short Program tersebut.

Nantinya Maemonan, akan mengikuti dan melaksankaan program perkuliahaan singkat sekitar 17 hari. Setelah itu, kembali mengikuti perkuliahaan seperti biasa.

”Jadwalnya kembali ke Tanjungpinang pada Kamis (28/12) mendatang,” terangnya. Endri berharap, dengan berpartisipasi ikut Short Program di i-Shou University tentunya akan meningkatkan jalinan kerjasama yang telah disepakati bersama.

Dengan demikian, ke depannya alumni Stisipol RH berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan master dan doktoral di Taiwan dengan program beasiswa yang ada di masing-masing kampus.

Maemona Latifah dalam kesempatan ini meneturkan rasa bangga dan senangnya berkesempatan pergi ke luar negeri untuk belajar. Terlebih mewakili Kampus Stisipol Raja Haji, bersama mahasiswa/i dari daerah lainnya.

Menurutnya, Short Program nantinya dapat memberikan pengalaman yang berarti bagi pribadi serta menjadi kebanggaan karena membawa nama Stisipol Raja Haji. ”Perasaan saya sebenarnya campur aduk. Ada senang namun juga tantangan katena membawa nama kampus Stisipol Raja Haji, saya harus memberikan kontribusi terbaik ke kampus,” ungkap mahasiswi yang akrab disapa Mona.

Ia mengungkapkan, selama di Taiwan akan mengikuti program belajar bahasa mandarin dan pengenalan budaya Taiwan. Dikemas dengan kunjungan budaya, pembelajaran, praktik bahasa mandarin serta travelling sebagai bentuk pengenalan pariwisata.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here