Mahasiswa Ajak Tingkatkan Minat Baca

0
296
Mahasiswa Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Benni (kanan) ketika menerima donasi buku dari pihak Kelompok Pustaka Hati, Kabupaten Bintan di Sekolah MIS-MU Kawal, Kecamatan Gunung Kijang. f-istimewa

BINTAN – Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Lingkar Literasi dan Kelompok Perpus Jalanan, kembali menerima donasi aneka buku bacaan dari Komunitas Pustaka Hati.

Komunitas yang berdomisili di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan menggelar kegiatan mendonasikan sebagian bukunya ke Madrasah Ibtidaiyah Swasta Miftahul Ulum (MIS-MU) di Kawal, Kamis (13/12) lalu.

Kegiatan ini, upaya mengajak anak meningkatkan minat membaca. Salah satu mahasiswa Stisipol Raja Haji Tanjungpinang yang tergabung dalam Kelompok Lingkar Literasi dan Perpus Jalanan, Benni Oloan Marpaung mengatakan, kegiatan ini terlaksana dari keinginan bersama berbagi.

Pihaknya dihubungi Komunitas Pustaka Hati yang diketuai Muhammad Saidi, 5 Desember lalu. Sekaligus untuk menerima donasi buku.

Benni melanjutkan, pihak Komunitas Pustaka Hati sepakat membangun gerakan sosial membangkitkan minat baca di luar lingkup pendidikan formal.

Sekaligus, membuka wawasan anak-anak lewat buku bacaan yang layak dibaca. Atas dasar itu, pihaknya bekerjasama melaksanakan kegiatan donasi buku di daerah Kabupaten Bintan tepatnya di MIS-MU yang berada di Kawal.

”Pada kegiatan itu, kami termasuk penerima donasi buku yang akan diserahkan Komunitas Pustaka Hati. Kami senang, dan sangat berterimakasih atas bantuan bukunya,” ujarnya.

Pihaknya juga berpartisipasi dalam kegiatan itu, melalui bermain dengan anak-anak di sekolah tersebut. Mahasiswa Jurusan Sosiologi, Stisipol Raja Haji Tanjungpinang itu menuturkan, Komunitas Pustaka Hati sebagai relawan yang bekerja sama dengan Komunitas Positif (Kompos) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Terkait jenis-jenis buku yang diberikan saat itu bervariasi. Mulai dari buku-buku pelajaran sekolah untuk anak SD, dongeng rakyat dan cerita rakyat nusantara, kamus bahasa inggris dan sebagainya. ”Kami menerima donasi buku dari Komunitas Pustaka Hati sebanyak 40 buku. Dari jumlah itu, terdapat 10 buku novel yang mendidik,” tuturnya.

Putra Handoko mahasiswa dari Prodi Hukum FISIP-UMRAH dari Kelompok Perpus Jalanan turut serta mengapresiasi kegiatan itu. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here