Mahasiswa-Alumni Uji Sertifikasi

0
652
MAHASISWA dan alumni Fakultas Ekonomi UMRAH saat mengikuti uji kompetensi, Senin (4/11). f-istimewa

Ukur Kemampuan Mahasiswa UMRAH

Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji (FE-UMRAH) Tanjungpinang menggelar uji sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa-mahasiswi dan alumni internal fakultasnya, Senin (4/11).

TANJUNGPINANG – Sertifikasi kompetensi yang digelar FE UMRAH itu ditujukan untuk 2 Prodi yang ada yakni Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen dengan fokus kompetensi berdasarkan keilmuannya masing-masing.

Prodi Akuntansi difokuskan kepada Ilmu Perpajakan. Sedangkan Prodi Manajemen difokuskan kepada Ilmu Pemasaran.

Sebanyak 75 mahasiswa-mahasiswi maupun alumni ikut andil dalam ujian sertifikasi kompentensi tersebut. Mereka terdiri dari 36 mahasiswa aktif Prodi Akuntansi plus 4 alumninya, dan 27 mahasiswa aktif Prodi Manajemen plus 8 alumninya. Saat diwawancarai, Wakil Dekan I FE-UMRAH, Assist. Prof. Fatahurrazak, SE., Ak. M. Ak, CA menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan soft skills dan menerapkan ilmu yang didapat sesuai dengan bidangnya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengukur, sampai sejauh mana kemampuan mahasiswa untuk mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Badan. Khususnya mahasiswa Prodi Akuntansi dan juga mengukur kemampuan mahasiswa melakukan riset pasar dan membuat marketing yang baik bagi perusahaan untuk mahasiswa Prodi Manajemen. ”Kemampuan ini tentunya sangat dibutuhkan oleh perusahaan,” terang Fatahurrazak.

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara FE UMRAH dan PT.Anugerah Abadi Konsultindo, sebagai rekanan yang memberikan ujian kompetensi kepada mahasiswa ataupun alumni.

Sebelumnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji (FISIP-UMRAH) juga mengadakan workshop peningkatan kompetensi bagi tenaga kependidikan (tendik) dan pemangku jabatan struktural di lingkungan internalnya bulan Oktober lalu di Marjoly Resort, Bintan.

Diawali dengan acara pembukaan serta kata sambutan oleh Dekan FISIP UMRAH Assist. Prof. Dr. Oksep Adhayanto, SH, MH

Dalam sambutannya, Oksep Adhayanto mengimbau kepada seluruh peserta workshop tersebut agar para peserta antusias mengikuti kegiatan dimaksud.

Serta mampu menjadikan hal ini sebagai indikator dalam peningkatan kinerja Tendik dan pemangku jabatan struktural di lingkungan FISIP UMRAH dan bisa memberikan yang terbaik bagi FISIP khususnya, serta UMRAH pada umumnya.

Selanjutnya acara secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor II Universitas Maritim Raja Ali Haji Assoc. Prof. Agus Sutikno, SP, M.Si serta memberikan sambutan sekaligus pengarahan kepada seluruh peserta dan undangan yang hadir.

Pada sambutan dan pengarahannya, Wakil Rektor II UMRAH menyampaikan beberapa sisi kelemahan pada sistem pelayanan serta disiplin kerja Tendik yang perlu diperbaiki.

Agus Sutikno juga berharap, dengan pelaksanaan kegiatan ini akan meningkatkan perbaikan dari sisi pelayanan menuju pelayanan prima dengan berkomitmen tinggi.

Saat ini, UMRAH Tanjungpinang memiliki lima fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Adapun visi UMRAH adalah, menjadi pusat unggulan riset dan budaya maritim yang berdaya saing internasional pada tahun 2040. Sedangkan misinya, Misi UMRAH, menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berwawasan kemaritiman yang berbudaya dan bereputasi internasional.

Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya melalui riset dan inovasi berbasis kemaritiman yang bereputasi internasional. Memanfaatkan dan menyebarluaskan hasil riset dan inovasi yang berwawasan kemaritiman dan bereputasi internasional.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here