Mahasiswa Anambas Dapat Beasiswa dari Pemkab

0
242
Pelepasan mahasiswa Anambas kuliah di Sahid Bintan Tourism Institute Bintan. F-istimewa
Pemkab Anambas menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar lebih untuk beasiswa mahasiswa asal daerah itu yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia.

ANAMBAS – Pardan, Kabid Tenaga Pendidikan dan Kependidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Anambas mengatakan, saat ini pemberian beasiswa tersebut kepada mahasiswa yang berprestasi.

”Anggaran sebesar Rp1,5 miliar lebih itu selain diperuntukkan untuk mahasiswa umum yang berprestasi, juga mahasiswa yang biayanya ditanggung oleh pemerintah,” kata Pardan, Senin (25/2).

Ia menyebutkan, saat ini pemerintah daerah memberikan beasiswa kepada belasan orang untuk mengenyam pendidikan di antaranya 6 orang di kedokteran, 5 orang di pariwisata, dan 5 orang keagamaan.

Sedangkan untuk mahasiswa atau anak Anambas yang kuliah di luar sendiri itu mencapai 1.000 orang lebih.

”Mereka yang berprestasi akan diberikan beasiswa per tahunnya sekitar kurang lebih Rp4 juta,” jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk mahasiswa yang akan diberikan beasiswa ada persyaratan yang harus dilengkapi, salah satunya adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,4. Standar ini lebih rendah dari sebelumnya yang mencapai 2,75.

”Hal ini adalah untuk membantu anak-anak yang kurang mampu, yang kuliah sambil berkerja agar dapat diberikan beasiswa tersebut. Kita berupaya agar para mahasiswa ini dapat terakomodir, dan dinas juga punya data-data validnya,” ucap dia.

Tidak semua mahasiswa asal Anambas ini yang dapat beasiswa. Karena pengajuan beasiswa diberikan apabila mahasiswa tersebut telah semester tiga. Dan itu akan kontinyu sampai dengan semester 8 untuk S1 dan sampai semester 6 untuk yang D3.

”Bantuan beasiswa bagi mahasiswa ini merupakan salah satu visi dan misi bupati dan wakil bupati untuk meningkatkan sumberdaya manusia di Anambas,” ujarnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here