Mahasiswa Belajar Daring Penelitian Ekonomi dan Bisnis

0
126
KEGIATAN seminar daring metode penelitian bidang ekonomi dan bisnis saat berlangsung diaplikasi Zoom. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Event Organizer KIMS Tanjungpinang menggelar seminar dalam jaringan (Daring) pelatihan tentang Metodologi Penelitian Bidang Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan itu berlangsung melalui aplikasi Zoom dan Youtube, Sabtu (12/9).

Co-Founder OE KIMS Tanjungpinang, Satriadi mengatakan, sasaran metode penelitian daring ini membahas penelitian khususnya dari segi akuntansi dan manajemen.

”Yang menarik dari rangkaian seluruh sesi, yakni sesi dua dan tiga. Para peserta diajarin langsung terkait cara menemukan fenomena atau permasalahan yang diangkat dalam sebuah penelitian,” jelas Satriadi melalui pesan WhatsApp-nya.

Ada pun seminar pelatihan itu digelar dalam empat sesi, dengan pembahasan yang berbeda-beda.

Sesi pertama, terkait teknik dalam penentuan atau pemilihan judul dan metodologi penelitiannya. Lanjut sesi kedua, lanjut membahas metodologi penelitian kuantitatif.

Baca Juga :  Himka Kenalkan Perguruan Tinggi kepada Pelajar

Pada sesi ketiga, yakni penelitian kualitatif dan sesi keempat yakni trik penulisan skripsi.

Untuk sesi keempat, yakni trik penulisan jurnal ilmiah dan terakhir sesi keenam cara mengatasi stress dalam menulis skripsi.

Ssi pertama panitia mengundang narasumber Octojaya Abriyoso, SIkom MM, Sekretaris Prodi Ilmu Manajemen dan Sekretaris Prodi IlmuAkuntansi Masyitah AS Sahara SE MSi. dari kampus STIE Pembangunan Tanjungpinang.

Selain itu ada Tubel Agusven ST MM dan Apriyadi ST ME yang merupakan dosen di kampus STIE Pembangunan.

Nama-nama narasumber diatas, mengupas tentang metodologi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN Gelar Lomba

Ia menuturkan, sesi ini dipimpin moderator, Neny Novieta Sary yang juga Founder KIMS Tanjungpinang.

Sementara, sesi keempat dan seterusnya, dipimpin moderator Ronaldo Yolanda Putra yang juga Founder KIMS Tanjungpinang.

Untuk sesi ini ada narasumber ia sendiri yang merupakan dosen sekaligus Direktur P4S STIE Pembangunan yang menerangkan trik menulis jurnal.

Berikutnya, Eka Kurnia Saputra, ST MM selaku Direktur P3M STIE Pembangunan yang mengupas tentang trik menulis skripsi.

Hafir juga Muhammad Rizki SPsi MHsc selaku Ketua PPM STIE Pembangunan yang mengupas tuntas soal mengatasi tingkat stres dalam menyusun skripsi.

Ia menuturkan, para peserta juga mendapatkan penjelasan secara detail, terkait pengumpulan data dan analisis data masing-masing penelitian.

Baca Juga :  Mengokohkan Karakter Muslim Negarawan

Sehingga, para mahasiswa tidak salah langkah dalam hal pengambilan metode penelitian yang akan digunakan oleh mereka dalam pengerjaan skripsi atau karya tulis ilmiah nantinya.

Ditengah situasi pandemi Covid-19, kegiatan daring menjadi solusi keberlangsungan aktivitas dibangku perkuliahan dan diluar perkuliahan.

Dengan adanya kegiatan daring seperti ini, Satriadi berharap, khususnya mahasiswa-i lebih aktif dalam mengikuti aktivitas sharing ilmu pengetahuan melalui daring. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here