Mahasiswa Belajar Karakteristik Ikan

0
832
PASAR IKAN: Mahasiswa jurusan budidaya perairan UMRAH turun ke pasar Bintan Centre, untuk meneliti karakteristik ikan yang jual pedagang. f-IST

TANJUNGPINANG – Mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) Tanjungpinang belajar identifikasi tubuh ikan.

Beberapa mahasiswa dari jurusan Budidaya Perairan UMRAH, turun ke Pasar Ikan Bintancentre untuk mengambil beberapa sampel ikan untuk dipelajari, Rabu (29/3).

Salah satu mahasiswi budidaya perairan UMRAH Ema Fitria mengatakan, dari bentuk tubuh ikan akan diketahui hidupn ya apakah didasar atau dipermukaan laut.

”Ilmu identifikasi yang kami pelajari itu disebut Ikhtiologi ,” ujar Ema.

Bersama lima rekan lainnya, ia pun menyusuri beberapa lapak pedagang ikan di pasar Bintancentre untuk mencatat berat, panjang, harga, asal serta bentuk tubuh ikan.

Setelah dicatat, lantas ikan tersebut difoto untuk mempelajari bentuk tubuhnya berdasarkan ukuran yang telah diukur.

”Jadi sesuai nama ikan, kami mencatat ukuran dan ikan itu difoto untuk mengetahui golongan ikan fusiform, depressed serta compressed,” sebutnya.

Ia menjelaskan fusiform (Torpedo) meruncing pada kedua bagian ujungnya serta memiliki tinggi dan lebar tubuh hampir sama.

Ikan yang tergolong fusiform, seprti ikan Tuna, Tongkol, Kembung serta Cakalang.
Sedangkan compressed (Pipih), bentuk tubuhnya gepeng ke samping atau pipih yakni seperti ikan Bawal, dan ikan Kapas-Kapas. Jika dibandingkan antara tinggi badannya jauh lebih besar dari pada lebar badan serta lebar badannya lebih kecil dari panjang tubuhnya.

”Terakhir ikan dari golongan depressed (Picak), bentuk tubuh yang gepeng ke bawah,” terangnya.

Jika dibandingkan tinggi badannya, jauh lebih kecil dari pada lebar badannya dan ikan yang tergolong jenis ini adalah ikan Pari.

Dari ketiga golongan tersebut, juga memiliki karakteristik tempat hidup ikan dari permukaan hingga dasar air.

Seperti ikan dari golongan depressed, lebih aktif hidup di dasar air sedangkan ikan dari golongan fusiform hidup di tengah dan permukaan air. ”Untuk ikan compressed, mampu berenang dengan cepat sesuai bentuk tubuhnya yang pipih tanpa hambatan,” katanya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here