Mahasiswa dan Masyarakat Gelar Jumat Bersih

0
782
BERSIH-BERSIH: Peserta KKN dari Stisipol Tanjungpinang saat bersih-bersih di pantai Batu Kasah bersama masyarakat. F-ISTIMEWA

Promosikan Pantai Batu Kasah Jadi Destinasi Wisata

NATUNA – Pemerintah Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan menggelar kegiatan Jumat Bersih bersama mahasiswa. Kegiatan itu, pertama kali dilaksanakan, Jumat (11/8) yang diikuti elemen masyarakat sekaligus mahasiswa kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Salah satu peserta KKN di desa tersebut, Muhammad Nursyafi’i menuturkan, kegiatan itu merupakan inisiatif perangkat desa, pemuda serta mahasiswa KKN. Yang dibersihkan bukan hanya lingkungan desa, tetapi juga Pantai Batu Kasah. Yang merupakan salah satu tempat destinasi wisata di Natuna. ”Jadi kalau bersih pengujung nyaman,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (11/8).

Baca Juga :  Diklatsar Mapala Harus Diawasi Kampus

Kegiatan ini dengan harapan bisa dilaksanakan rutin dalam upaya menjaga lingkungan. Ia menambahkan, pihak Desa Gemaga Tengah menargetkan Pantai Batu Kasah bisa dilirik banyak wisatawan. Pantainya tak kalah bagus dengan beberapa daerah lainnya di Kepri. Bila banyak wisatawan yang berkunjung, diyakini akan menjadi kekuatan ekonomi baru di tengah masyarakat. Banyak sektor yang akan hidup, diantaranya rumah makan, akomodasi dan harapannya daerah ini bisa lebih maju lagi. ”Pantai Batu Kasah sangat indah pemandangannya. Bahkan, sudah ada masyarakat membuat home stay untuk turis yang menginap,” terang Syafi’i.

Baca Juga :  UMRAH Jalin Kerja Sama dengan Bayan Tree

Ia bersama kelompoknya, tengah berupaya meningkatkan sadar wisata bagi warga setempat. Syafi’i juga menyebutkan, partisipasi warga tinggi untuk mengembangkan potensi wisata. Hanya saja, masyarakat masih terkendala cara promosi. ”Keberadaan kami saat ini, selain mengikuti beberapa kegiatan di desa juga turut mengajarkan masyarakat agar lebih peduli dengan wisata. Untuk promosi, kami akan ajarkan berbasi online melalui media sosial,” sebutnya.

Ketua Badan Usaha Milik desa (BUMdes) Cemaga Tengah, Abdillah mengungkapkan, kegiatan Jumat bersih digelar di seluruh kampung serta di kawasan pantai. Tujuannya, agar masyarakat sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih. ”Jadi semuanya kita bersihkan,” paparnya. Ia mengaku terbantu dnegan adanya mahasiswa KKN di desa nya, karena turut membantu dan terlibat langsung berbagai kegiatan yang dilaksanakan bersama.(ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here