Mahasiswa Dilatih Kepemimpinan Dasar

0
147
Ketua panitia pelaksana kegiatan Youth Leadership Training (YLT) Jilid 2 di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI MU), saat menutup kegiatan, Sabtu (1/12). F-septian/Mahasiswa magang

Tiga Komisariat KAMMI Gelar Youth Leadership Training

Tiga Komisariat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan Youth Leadership Training (YLT) Jilid 2 di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI MU), Jumat (30/11) sampai Sabtu (1/12). Kegiatan ini merupakan latihan kepemimpinan dasar bagi mahasiswa.

TANJUNGPINANG – Sedangkan pelatihan Jilid I sebelumnya sudah digelar di Desa Toapaya Kabupaten Bintan, bulan lalu. Tiga komisariat KAMMI tersebut yakni Komisariat Gurindam 12, Komisariat Segantang Lada dan Komisariat Bulang Linggi.

Kegiatan yang dibuka pada Jumat (30/11) malam tersebut dihadiri Ketua KAMMI Provinsi Kepri Gilang Ramadhan. Hadir juga Ketua KAMMI Daerah Tanjungpinang Andrian, Ketua KAMMI Komisariat Gurindam 12 Zulkarnain, Ketua KAMMI Komisariat Segantang Lada Abdulghofur dan Ketua KAMMI Bulang Linggi Said Faisal.

Kegiatan yang bertemakan ‘Manuver Pemuda Melayu untuk Jayakan Indonesia 2045’ tersebut diikuti puluhan mahasiswa dari beberapa kampus yang ada di Kota Tanjungpinang. Andrian, Ketua Pengurus KAMMI Daerah Tanjungpinang mengatakan, YLT merupakan pintu gerbang dan langkah awal untuk masuk di dalam KAMMI. Untuk itu diberikan materi-materi tentang pengetahuan dasar apa itu KAMMI. Sehingga peserta paham terhadap dasar dari KAMMI itu sendiri.

Junaidi selaku ketua panitia mengatakan, saat YLT Jilid I, banyak mahasiswa yang belum sempat mengikutinya. Karena itu, mereka kembali melaksanakan YLT gabungan Jilid 2 untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin bergabung.

”Pelatihan ini diikuti oleh para mahasiwa dari berbagai perguruan tinggi di Kepri,” ujar Junaidi yang akrab disapa Junai tersebut.

Junai menambahkan, mahasiswa pergerakannya bukan hanya mementingkan duniawi, tetapi juga harus disertai dengan amal ibadah untuk mengimbanginya dan keduanya bisa didapatkan di KAMMI. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kepemimpinan dan mengembangkan potensi yang ada pada diri mahasiswa. Karena sesuai dengan visi KAMMI yaitu sebagai wadah perjuangan permanen untuk menciptakan para pemimpin.

Sementara itu, Andrian Ketua KAMMI Daerah Tanjungpinang sangat mengapresiasi acara ini. ”Saya berharap setelah selesai mengikuti kegiatan ini, peserta dapat menjadi pemimpin, minimal menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri dan juga bisa berkontribusi di kampus maupun dimasyarakat,” bebernya.

Ada beberapa kegiatan yang diikuti mahasiswa seperti mendengar paparan dari pengurus maupun alumni KAMMI. Kemudian ada juga simulasi aksi dan teknik persidangan. Teknik persidangan ini untuk melatih mahasiswa memimpin musyawarah besar maupun kerja. (SEPTIAN ‘mahasiswa magang’)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here