Mahasiswa Diwajibkan Pandai Mengaji

0
879
MENERIMA MATERI: Mahasiswa baru STAI-MU Tanjungpinang saat menerima materi di ruang kelas pada kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di kampus. F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

Maba Ikut Pengenalan Akademik Kampus

TANJUNGPINANG – Sebanyak 105 Mahasiswa Baru (Maba) Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI-MU) Tanjungpinang yang keterima, kini sedang mengikuti pengenalan wilayah akademik.
Kegiatan dilaksanakan di Kampus STAI-MU yang beralamat di Jalan Kepodang IV Km 11 Tanjungpinang, Senin (28/8). Maba diajakarkan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) serta beberapa lainnya. Termasuk struktur organisasi serta para dosen yang mengajar.

Ketua PBAK STAI-MU, Drs Nazaruddin MH menuturkan, kegiatan tersebut hampir sama dengan Ospek. Tujuannya, untuk mengenalkan kepada Maba tentang wilayah akademik kemahasiswaan serta sistem akademik tahun ajaran 2017/2018. Jadi Maba nantinya memiliki gambaran bagaimana sistim pendidikan perguruan tinggi yang ada di Kampus STAI-MU. ”Jadi ada beberapa materi yang disampaikan kepada Maba tahun ini, salah satunya nilai akademis dari masing-masing prodi. Selain itu, ada beberapa materi pokok tentang perkuliahan,” ujar Nazaruddin, Senin (28/8).

Baca Juga :  UKM Sinematografi Stisipol Masuk Nominasi Nasional

Untuk itu, pihaknya juga menyampaikan tata kelola kemahasiswaan. Adapun tujuannya, yakni untuk mengembangkan minat dan bakat pribadi mahasiswa itu sendiri serta dibekali dasar-dasar kecakapan hidup. Kegiatan itu akan dilaksanakan selama selama 3 hari ke depan. ”Untuk tata kelola kemahasiswa, kita memiliki beberapa unit kegiatan mahasiswa. Diantaranya ada Pramuka, Resimen Mahasiswa (Menwa), Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) serta Lembaga Dakwah Kampus (LDK),” sebut Nazaruddin.

Dengan beberapa kegiatan mahasiswa itu, diharapkan mahasiswa mampu menumbuhkembangkan bakat dan minat diluar sistem perkuliahan dan mampu mengharumkan nama kampus lewat prestasi. Seperti sebelumnya, Menwa STAI-MU pernah mengukir prestasi di tingkat nasional untuk lomba menembak. Namun, dari semua itu ada materi wajib yang harus dipenuhi mahasiswa STAI-MU yakni mengaji di kampus. ”Budaya mengaji ini kita galakkan dikampus STAI-MU. Ini merupakan kewajiban setiap mahasiswa, dan mahasiswa STAI-MU harus bisa mengaji Al quran,” sebutnya.

Baca Juga :  Siswa SMKN 1 Juara Lomba Poster STAI MU Tanjungpinang

Sesuai dengan visi misi STAI-MU, untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan terpuji yaitu suatu sikap yang baik sesuai ajaran agama islam (Akhlakul karimah). Kini STAI-MU memiliki 4 prodi yang seluruhnya berjenjang S1. Diantaranya, Pendidikan Agama Islam, Tadris Bahasa Inggris, Ekonomi Syariah serta Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Dari jumlah keseluruhan Maba yang diterima tahun ini, prodi Pendidikan Agama Islam paling banyak diminati.(ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here