Mahasiswa FIKP UMRAH Tanam 2.000 Bakau

0
372
MAHASISWA dan pihak Banyan Tree serta Kadis DLH dan Kadisbupar berfoto bersama, sebelum menanam bakau, kemarin. F-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – Sebanyak 200 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Haji Fisabillah (UMRAH) Tanjungpinang melakukan penanaman 2.000 bibit bakau di Pantai Kampung Sumpat, Desa Pengudang Kecamatan Teluk Sebong, Bintan, Minggu (14/4) pagi.

Turut Kepala DLH Aprizal Bahar, Kadisbudpar Wan Rudi Iskandar, sejumlah relawan, masyarakat setempat, pelajar serta TNI AL.

Feni Yanto, Ketua Kelompok Minat Bakat Mahasiswa (KMBM) Coral FIKP UMRAH mengatakan, penanaman mangrove yang bekerja sama dengan CSR Banyan Tree.

Ini merupakan aksi pertama pihaknya di Pengudang. Menurutnya juga ini tindakan yang bersifat ilmiah lapangan dari organisasi yang dipimpinnya.

”Ada 2.000 bibit mangrove, kami tanam dengan sistem satu lubang 5 bibit. Hal ini untuk memastikan apa yang kami tanam, hidup. Karena secara ilmiah tingkat keberhasilan penanaman bakau adalah 20 persen. Dengan ada 5 bibit kami pastikan semua lubang yang ditanam akan hidup,” katanya.

Henry Ali Singer CSR Manager Banyan Tree Bintan mengatakan, CSR yang ia berikan merupakan wujud bersama untuk menjaga lingkungan dan penghijauan di Pulau Bintan.

”Hingga saat ini kami sudah melakukan penghijauan dengan menanam sebanyak 65 ribu pohon, 25 ribu diantaranya merupakan mangrove,” sebutnya.

Ia mengharapkan, ke depannya baik pihak swasta maupun pemerintah untuk terus bersama meningkatkan kualitas perbaikan lingkungan. Pihaknya juga melaksanakan kampanye pengurangan sampah plastik dan kebersihan.

Kepala DLH Bintan Aprizal Bahar mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa dan pihak perhotelan, dalam melestarikan lingkungan. Khususnya hutan bakau di daerah pesisir, Desa Pengudang. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here