Mahasiswa Gelar Kegiatan di Hari Sampah Nasional

0
476
SAMPAH berserakan:Sampah yang menumpuk di tempat pembuangan sampah sementara di Jalan Nipah, Kelurahan Tanjunguban Kota. F-Jendaras/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari berbagai kampus berencana menggelar kegiatan bersama masyarakat.

Kegiatan itu digelar menjelang Hari Sampah Nasional pada 21 Februari mendatang. Salah satu kegiatanya adalah menanam pohon di pemukiman warga.

Tujuan kegiatan tersebut, untuk menimbulkan rasa peduli lingkungan. Sekaligus untuk mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah ke laut.

Kegiatan ini telah direncanakan oleh Mahapala Universitas Raja Ali Haji (UMRAH) sebagai upaya peringatan hari Sampah Nasional.

Ketua Mahapala UMRAH Sarifudin menyebutkan, ia telah menerima informasi dari sejumlah komunitas dan Mahapala akan menggelar aksi peduli sampah di Tanjungpinang.

Ia pun tertarik untuk menggelar kegiatan. Hanya saja pihaknya masih membahasnya dan belum memutuskan lokasi yang akan dijadikan tempat kerja bakti.

”Makna Hari Sampah itu harus tertanam di masyarakat. Kita berupaya agar masyarakat benar-benar peduli terhadap lingkungan mereka. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan plastik,” ujar Sarifudin, Rabu (8/2).

Kepala Divisi Konservasi dari Mapala Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Syafi’i mengatakan, pihaknya akan bersiap untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon.

”Saat ini, kami masih persiapan, untuk penanaman bibit pohon mangrove,” ujar Syafi’i.

Kegiatan tersebut, akan mengajak masyarakat serta mahasiswa untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan.

Selain itu, Mapala Stisipol Raja Haji telah melaksankan kegiatan penanaman pohon di SMA Negeri 4 Tanjungpinang.Kegiatan konservasi alam, telah menjadi kegiatan utama di Mapala Stisipol Raja Haji dalam memeperingati Hari Sampah nasional. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here