Mahasiswa Harapkan Listrik 24 Jam

0
384
TURBIN: Salah satu turbin angin, yang mampu menghasilkan daya listrik sebagai energi terbarukan. F-ISTIMEWA/UMRAH

TAMBELAN – Dengan adanya upaya pengembangan energi terbarukan, oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Dinilai sangat cocok untuk masa depan energi listrik bagi warga yang di pulau. Pendapat tersebut dilontarkan beberapa mahasiswa UMRAH, yang secara kebetulan berasal dari Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan.

Roni, salah seorang mahasiswa UMRAH jurusan Ekonomi Manajemen. Mengatakan persoalan energi listrik di pulau perlu adanya terobosan baru, salah satunya yakni dengan energi terbarukan.

Terpisahnya Tambelan dari Bintan daratan, tentunya muncul persoalan kelancaran angkutan minyak solar untuk kebutuhan untuk mesin disel listrik.

”Terkadang solar dua hingga 5 hari terlambat, dan listrik pun selama tidak ada persedian cadang minyak solar juga turut padam. Yang pasti ongkos angkut solar untuk wilayah pulau sangat tinggi. Untuk itu, pemerintah dan akademisi harus ke depan bersama-sama memikirkan energi alternatif untuk ke depannya,” ujar Roni, Jumat (3/2).

Untuk daya yang tersambung melalui interkoneksi Batam-Bintan (Babin), Roni menilai tidak mungkin untuk dilakukan penyambungan ke Tambelan.

Terkecuali, pemerintah membangun instalasi daya listrik seperti Babin khusus untuk Tambelan. Roni juga menyinggung perihal transportasi di kampung halamannya, yang hingga saat ini masih terbilang kurang mencukupi.

”Listrik yang ada saat ini memang sudah stabil, tetapi masih ada yang tidak terlayani. Pasalnya daya dari mesin yang ada tidak mencukupi, dan beberapa warga hanya medapatkan sambungan dari rumah tetangga namun hanya sebatas untuk penerangan,” jelasnya.

Sebelumnya, Dekan Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Dr Agung Dhamar Syakti mengatakan dengan adanya instalasi turbin angin yang dimiliki UMRAH. Untuk dikembangkan oleh mahasiswa teknik kedepannya, sebagai modal awal penelitian.

Menurut Agung teknologi tersebut bukan lah baru, namun mahasiswa teknik akan mempelajari aplikasi serta manajemen instalasi untuk pemasangan turbin angin.

Karena UMRAH terbilang kampus baru, menurut Agung, UMRAH bertahap dalam menjadikan Sumber daya Manusia (SDM) Kepri maju melalui UMRAH. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here