Mahasiswa Ibukota Dibekali Wawasan Kebangsaan

0
280
Mahasiswa dari berbagai kampus foto bersama disela-sela mendapatkan materi wawasan kebangsaan, Kamis (29/11).

TANJUNGPINANG – Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi serta sejumlah organisasi kemasyarakatan mengikuti materi wawasan kebangsaan yang digelar di Markas Korem 033/Wira Pratama, di Jalan Seitimun, Senggarang Kamis (29/11). Acara yang berlangsung di Gedung Serba Guna Makorem itu dibuka oleh Kasrem 033/Wira Pratama Kolonel Inf Jimmy Watuseke.

Kasrem yang membacakan amanat Danrem 033/Wira Pratama menyebutkan, generasi muda bangsa harus selalu menanamkan pendidikan cinta tanah air dan pendidikan bela negara serta pembinaan mental juang. Menurutnya, pemuda harus terus melanjutkannya dengan cara mengaplikasikan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Terapkan empat pilar itu pada diri sendiri maupun di lingkungan sekitar tempat tinggal. Berita di media masa dan di internet serta di televisi bisa kita saksikan bahwa bangsa ini sedang mengalami degradasi rasa kebangsaan yang menyimpang dari nilai luhur Pancasila. Ada yang sudah melenceng dari kaidah UUD 1945. Tentu itu juga jauh dari harapan semangat Bhinneka Tunggal Ika serta munculnya fenomena-fenomena yang mengarah pada terciptanya dis integrasi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sebut Jimmy Watuseke.

Menurutnya, saat ini sudah sangat diperlukan reaktualisasi nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam tiap-tiap individu sebagai bagian terkecil dari komponen bangsa. “Caranya dengan memberikan pendidikan bela negara dan pembinaan mental juang. Itu harus ditanamkan sejak dini. Kita berharap, generasi muda kita siap menjadi generasi penerus bangsa yang sangat cinta tanah air dan bangsa Indonesia,” harap Danrem dalam pidato yang dibacakan Kasrem.

Danrem juga berharap kegiatan pendikan bela negara dan pembinaan mental juang Mahasiswa/I, serta ormas dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga memunculkan kaum muda sebagai calon pemimpin masa depan menjadi seorang visioner, optiimis, adaptik, kreatif, inovatif, dan produktif.

Hadir dalam acara wawasan kebangsaan tersebut Para Pasi Korem, perwakilan Mahasiswa dan mahasiswi STAI Miftahul Ulum, Stisipol, STAIN SAR, AKBID, FKPPI, Menwa GM FKPPI, PPM Tanjungpinang serta komponen bangsa lainnya.(jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here