Mahasiswa Kepri di Bogor Minta Dibangunkan Asrama

0
747
PEMANDANGAN BOGOR: Teguh Wahyu Pramana, mahasiswa IPB asal Kepri saat berada di salah satu objek wisata di Bogor. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Mahasiswa asal Kepri yang menempuh pendidikan di Bogor, Provinsi Jawa Barat meminta Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) membangun asrama mahasiswa di sana. Apalagi, jumlah mahasiswa bertambah setiap tahun dari Kepri, terlebih di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) meskipun ada juga di perguruan tinggi swasta.

Hal ini disampaikan Teguh Wahyu Pramana, mahasiswa IPB asal Kepri, Minggu (23/7) kemarin. ”Kini jumlah mahasiswa daru Kepri ratusan, termasuk yang diterima pada tahun ini. Meski demikian, hingga kini, kami belum memiliki asrama,” ujar Teguh.

Menurutnya, seiring bertambahnya mahasiswa baru di Bogor sudah sepantasnya harus memiliki asrama yang layaknya seperti mahasiswa dari provinsi lainnya.
Bukan hanya asrama namun juga menyediakan fasilitas lain yang mendukung proses belajar mahasiswa. Apakah itu ruang publik di asrama lengkap dengan wi-fi serta lainnya. ”Ini sangat membantu meningkatkan mutu dalam bidang menimba ilmu mahasiswa pada jenjang perguruan tinggi,” ungkapnya yang juga dipercaya sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Kepulauan Riau se-Bogor (Himakeris).

Dengan adanya asrama mahasiswa juga dinilai akan meningkatkan silaturahmi sesama mahasiswa yang berasal dari Kepri. Selain itu, asrama dapat dijadikan sarana menggelar beberapa kegiatan untuk mengembangkan potensi mahasiswa. Teguh yang juga mewakili Kepri pada ajang Mister Tourism tersebut, menilai jumlah mahasiswa asal kepri yang kuliah di beberapa daerah di Pulau Jawa ju mlahnya terus meningkat.

Tidak hanya di Bogor, namun sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta serta kota lainnya juga terus meningkat. Selain itu, mahasiswa asal Kepri bernama Widodo dari kampus Universitas Teknologi Yogyakarta menyampaikan hal yang sama. Ia menilai, keberadaan asrama mahasiswa di luar daerah di Jawa yang jumlahnya banyak sangat penting.

Sebagai putra daerah Kepri yang berada di daerah lain, membutuhkan perhatian pemerintah. Bahkan ia menilai, melalui asrama pihaknya bisa memperkenalkan budaya dan sektor lainnya yang dimiliki Kepri kepada mahasiswa asal lainnya dengan mengelar berbagai kegiatan. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here