Mahasiswa KKN STAI-MU Bantu Pelaku Home Industry

0
510
CIVITAS akademi STAI Miftahul Ulum dan mahasiswa KKN Kampung Bugis foto bersama Kadisdik Tanjungpinang Drs HZ Dadang AG Msi. F-istimewa

TANJUNGPINANG – Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum (STAI-MU) Tanjungpinang menggelar monitoring Kuliah Kerja Nyata (KKN), serta menggelar penyuluhan bidang pendidikan dan home industry.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Tanjungpinang Kota, Rabu (11/4) yang lalu. Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok KKN Kampung Bugis Dwi Vita Lestari S.M. Pd menyebutkan, kelompok KKN binaannya memiliki program kerja yang telah direncanakan sebelum digelarnya KKN.

Untuk itu, pihaknya melaksanakan monitoring di lapangan terhadap kelompok KKN yang bina. ”Tidak hanya monitoring, namun kami juga menggelar beberapa kegiatan penyuluhan seperti pendidikan paket A, B serta C. Sebab, masih terdapat anak yang putus sekolah dan orangtua yang yang ingin sekolah,” ujar dosen cantik yang akrab disapa Vita.

Tujuanya untuk memberikan pengetahuan tentang pelaksanaan pendidikan paket A dan B serta C bagi yang warga yang ingin melanjutkan pendidikan. Dengan demikian, pihaknya menggandeng Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang untuk mengisi materi penyuluhan pendidikan paket A, paket B serta C.

”Kami ingin memberikan motivasi bagi anak yang ingin sekolah lagi. Sehingga, kami datangkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang yakni Drs HZ Dadang AG Msi yang memberikan materi penyuluhan bagaimana mengikuti pendidikan paket,” terangnya lebih jauh.

Setelah itu, masyarakat Kampung Bugis juga diberikan pengetahuan untuk home industry.
Karena, lanjut Vita, di Kampung Bugis juga terdapat beberapa masyarakat yang menjadi pelaku home industry.

Sebelumnya, mahasiswa-mahasiswi kelompok KKN Kampung Bugis mendata satu per satu masyarakat yang memiliki aktivitas usaha kecil dan menengah home industry. Untuk mendorong kemajuan bagi pelaku home industry di Kampung Bugis, pihaknya mendatangkan narasumber politeknik kulit Yogyakarta Dedi Kurniawan.

”Pada kesempatan itu, masyarakat pelaku home industry dipaparkan proses kreatif untuk kemasan produk yang dikembangkan. Masyarakat di Kampung Bugis, beberapa diantaranya memproduksi kerajinan tangan dan produk makanan seperti kue,” ungkapnya.

Dengan sejumlah kegiatan itu, tambah Vita, pihak STAI-MU Tanjungpinang merasa senang dengan tercapainya misi pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan mahasiswa-mahasiswi KKN.

Sehingga, ke depannya masyarakat lebih maju dalam mengembangkan home industry.
Selain itu, bagi yang ingin melanjutkan sekolah melalui pendidikan paket A hingga C dapat terlaksana.

Saya berharap apa yang kami laksanakan bermanfaat bagi masyarakat setempat. Alhamdulillah, rangkaian kegiatan penyuluhan diterima dengan baik oleh masyarakat. Tidak hanya itu, antusiasme masyarakat begitu tinggi dengan adanya penyuluhan itu. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here