Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Pertanian

0
320
MAHASISWA dan mahasiswi UGAM yang menjalani KKN di di Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara tengah mengolah tanah sebelum ditanami

TANJUNGUBAN – Sebanyak 30 mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta kembali melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara. KKN tersebut merupakan ketiga kalinya dilakukan pada 3 tahun berturut-turut.

Kholili Bunyani, Kepala Desa Lancang Kuning mengatakan, mahasiswa UGM tersebut datang dan melakukan KKN sebagai bagian pilot project kampus pemerintah tersebut untuk mengembangkan pedesaan di Kepri. ”Kalau di Kepri hanya ada 3 rombongan saja. Pertama di tempat kami, kedua di Lingga dan Natuna,” katanya, Kamis (28/6).

Ia menyebutkan, penempatan mahasiswa UGM tersebut berada di wilayah Kampung Sei Jeram yang merupakan wilayah peternakan, pertanian dan pemberdayaan masyarakat. ”Nanti mereka juga akan membantu masyarakat soal pengembangan pertanian dan juga produk olahannya,” terangnya.

Ditambahkan juga, KKN mahasiswa UGM hingga Agustus mendatang juga akan melakukan kerja sama mengenai pengelolaan pemerintahan desa. Di Lingga, sebanyak 29 orang mahasiswa UGM melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan selama dua bulan.

Mereka disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Lingga, Minggu (24/6) lalu. Juramadi Esram, menilai keberadaan mahasiswa KKN ini dibutuhkan Pemkab Lingga dalam upaya menjadikan daerah ini sebagai lumbung padi di daerah perbatasan.

Untuk itu Pemkab Lingga memberikan apresiasi kepada UGM yang telah mengirimkan mahasiswa ke Lingga. Pemkab Lingga juga akan berupaya membantu fasilitas yang dibutuhkan mahasiswa.

Ilmu dan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa sangat dibutuhkan masyarakat di daerah KKN. Dengan ilmu dan pengetahuan tersebut diharapkan dapat menjadi bekal masyarakat untuk mendukung program pertanian yang diusung Pemkab Lingga.

Berdasarkan data dari website UGM, pihak kampus tersebut menerjunkan sebanyak 6.559 mahasiswa yang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM).

Ribuan mahasiswa ini akan disebar di 27 provinsi dan 106 kab/kota di seluruh pelosok Indonesia selama dua bulan bergabung dengan masyarakat termasuk di Provinsi Kepri.
Rektor UGM Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., mengatakan program kuliah kerja nyata merupakan kegiatan yang sudah berlangsung sejak lama, dimulai tahun 1971. (aan/tir/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here