Mahasiswa Kritik Lingkungan Lewat Visualisasi Puisi

0
101
MAHASISWA UMRAH menampilkan visualisasi dan puisi tentang keserakahan manusia terhadap lingkungan di sela seminar sehari di Gedung Perpustakaan dan Arsip Tanjungpinang. f-dyan/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Penampilan puisi berkolaborasi visualisasi dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta UKM Boedak Bilek Sastra Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) memukau peserta seminar sehari di Gedung Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Kamis (28/11) siang lalu.

Seminar sehari yang dihadiri ratusan peserta ini digelar oleh Komunitas Bakti Bangsa.

Visualisasi berkolaborasi dengan puisi ini menggambarkan dan mengkritik keserakahan manusia, dan lupa merawat lingkungan.

Padahal, lingkungan itu sama halnya manusia merawat diri sendiri. Penampilan visualisasi ini dilatih oleh Bobi Julian dengan pemeran 10 orang mahasiswa.

”Visualisasi ini ditujukan kepada para manusia yang serakah. Dengan visualisasi berkolaborasi puisi ini, kita berusaha untuk menggugah para manusia yang serakah. Karena pemerintah dan masyarakat tidak sepenuhnya salah. Tapi juga bisa sama-sama salah,” tutur Bobi Julian.

Bobi mengatakan, momen penampilan mahasiswa ini sangat tepat. Karena, kegiatan seminar ini mayoritas dihadiri mahasiswa yang merupakan elemen penting untuk masa depan bangsa.

”Dengan adanya seminar ini, jiwa-jiwa mahasiswa ditanamkan dengan nilai-nilai cinta lingkungan,” tuturnya.

Visualisasi puisi ini mendapat respon yang baik dari peserta seminar dan juga pemateri. Fadhliyah Idris seorang pemateri merasa sangat tersentuh, terhadap apa yang telah ditampilkan.

”Harusnya, ditampilkan di tempat yang lebih luas dan ramai. Artinya, agar hati penonton tersentuh untuk merawat lingkungan. Seni visualisasi ini harus dikembangkan, agar banyak yang belajar, dan diketahui oleh masyarakat,” sarannya. (dyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here