Mahasiswa Luar Bantu Yayasan di Anambas

0
160
perwakilan mahasiswa dari Universitas Tanjung Pura Kalbar ketika menyerahkan bantuan kepada Ketua Yayasan Al Muqoramah dan disaksikan pengurus yayasan di depan kantor sekretariat yayasan di Letung Jemaja, Kamis (23/8) lalu. F-indra gunawan/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Faizal Cahyo Handoko selaku koordinator tim dari mahasiswa Universitas Tanjung Pura Kalimatan Barat menyalurkan bantuan terhadap salah satu yayasan yang ada di Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di depan Kantor Sekretariat Yayasan Al Muqaromah Letung Jemaja, Kamis (23/8) lalu.

”Kami dari Universitas Tanjung Pura Kalimatan Barat berjumlah 25 orang mahasiswa terdiri dari 16 laki-laki dan 9 perempuan. Kami melaksanakan sejumlah program kemasyarakatan dan sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Jemaja,” ujar Alif Fitrah ketika ditemui wartawan, Kamis (23/8).

Program yang dimaksud seperti bidang pendidikan, ekonomi pariwisata, lingkungan pertanian dan bidang kesehatan,” terang Alif Fitrah.

Kata Alif, bantuan ini disalurkan bagian dari partisipasi mereka saja dan angkanya juga tidak begitu besar, hanya berjumlah Rp2 juta hingga Rp500 ribu.

Dengan bantuan ini, ia berharap semoga sumbangan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yayasan.

Ia menjelaskan, bahwa anggaran yang disalurkan itu diperoleh dari hasil dagangan para mahasiswa yang telah melaksanakan sejumlah kegiatan berdagang di kalangan masyarakat maupun di sejumlah sekolah-sekolah.

Dari pendapatan keuntungan tersebut, pihaknya menyalurkan bantuan kepada pihak yang membutuhkan seperti keluarga tidak mampu, pengobatan bagi pasien sedang sakit dan termasuk yayasan itu yang dinilai masih membutuhkan anggaran untuk proses pembangunannya.

Sedangkan Muhammad Qosim selaku Ketua Yayasan Al Muqoramah mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan dan semoga amal jariyah dari mahasiswa Tanjung Pura Kalimantan Barat dibalas oleh Allah SWT.

Ia juga berjanji akan memanfaatkan bantuan ini untuk pembangunan pondok pesantren yang akan direncanakan pembangunannya di Jemaja.

”Semoga Allah mempermudahkan dalam pembangunan pondok pesantren di Jemaja. Saya apresiasi kepada adek-adek mahasiswa yang memiliki kepedulian yang sangat tinggi,” ujar dia.

Ia melanjutkan, tidak banyak anak-anak muda memiliki pemikiran sosial seperti mereka. Tapi ia yakin ke depannya akan ada lagi pemuda-pemuda dan mahasiswa yang akan berbuat hal yang sama. ”Kami rencananya akan membangun yayasan pesantren. Tapi masih dalam tahap proses administrasi dan segala yang menyangkut terkait perizinan. Kalau soal lahan, kami sudah siapkan untuk pembangunannya,” tukasnya.

Sekilas tentang Kabupaten Kepulauan Anambas. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan UU No. 33 Tahun 2008 dan ibu kotanya Terempa. Daerah ini terdiri dari pulau-pulau.

Di daerah ini, fasilitas pendidikan seperti sekolah-sekolah sudah banyak dibangun Pemerintah Daerah Kabupaten Anambas. Bahkan, sekolah-sekolah dibangun hingga daerah terpencil sekalipun. Tujuannya agar semua anak-anak hingga daerah hinterland mendapatkan pendidikan.

Akan tetapi, banyak sekolah yang sepi siswanya karena jumlah penduduknya juga sedikit. Banyak sekolah yang jumlah siswanya hanya belasan orang saja dari kelas i sampai kelas VI sekolah dasar.

Karena lokasi Anambas yang jauh, banyak guru yang enggan mengajar ke sana. Padahal, tunjangannya sudah diperbesar. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here