Mahasiswa Malaysia Teliti Bintan

0
389
MAHASISWA UniSZA Terengganu, Malaysia foto bersama dengan mahasiswa Stisipol Raja Haji Tanjungpinang saat berkunjung ke Tanjungpinang dalam rangka penelitian globalisasi dan pembangunan di Pulau Bintan. F-ISTIMEWA

Fakultas Sains Sosial Gunaan UniSZA Terengganu Kunjungi Stisipol

Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Sains Sosial Gunaan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Terengganu, Malaysia melaksanakan kajian dan penelitian tentang globalisasi dan pembangunan di Tanjungpinang dan Bintan (Pulau Bintan).

TANJUNGPINANG – MAHASISWA UniSZA ini sudah berkunjung ke Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang. Kedatangan mahasiswamahasiswi UniSZA ini disambut baik oleh Ketua Stisipol Endri Sanopaka S.Sos MPM, Pembantu Ketua II Dra.Nurbaiti Usman Siam M.Si dan Pembantu Ketua III bagian Kemahasiswaan Desrian Effendi S.Sos MPM pada, Selasa (29/10).

Sambutan mahasiswamahasiswi UniSZA ini disambut dengan silat dari mahasiswa Stisipol dan langsung masuk ke ruang 2 Kampus Stisipol untuk pengenalan lebih lanjutnya tentang penelitian yang akan dilaksanakan. Endri Sanopaka mengatakan, kedatangan mahasiswa-mahasiswi dari UniSZA ini merupakan melakukan penelitian tentang globalisasi dan pembangunan di Kota Tanjungpinang dan Bintan.

”Mereka mahasiswamahasiswi UniSZA ini sudah Semester 7 Fakultas Sains Sosial Gunaan yang melakukan kajian tentang globalisasi dan pembangunan di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan,” ucap Endri.

Mahasiswa-mahasiswi UniSZA yang datang sebanyak 23 orang dan didampingi sama dosen pembimbing dan dekan mereka.

”Penelitian yang akan mereka lakukan selama dua hari ke depan yaitu membagikan kuisioner dan wawancara kepada masyarakat pesisir di Pulau Bintan khususnya para nelayan,” sambung Endri Sanopaka.

Selain itu, Endri melanjutkan, mereka akan melaksanakan penelitian itu bersama dengan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sosiologi Stisipol Raja Haji yang juga ada tugas mata kuliah tentang pembangunan partisipatif.

”Penelitian yang nanti akan dilaksanakan nanti bersama mahasiswa Stisipol yaitu di Tanjung Siambang, Kampung Bugis dan Desa Tembeling,” tutup Endri.

Diketahui, Stisipol Raja Haji Tanjungpinang dan UniSZA sudah ada kerja sama dan Memorandum of Understanding (MoU) sejak 2017 lalu.

Dengan begitu, setiap ada kegiatan baik itu dari Stisipol ataupun UniSZA akan selalu kerjasama dan saling membantu dari kedua pihak yang berkenaan tentang pendidikan di perkuliahan.

Sekedar diketahui, nama besar pahlawan kebanggaan Tanah Melayu Riau yakni Raja Haji Fisabilillah, telah membangkitkan semangat anak negeri untuk meneladani nilai-nilai perjuangannya dalam wujud pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan.

Sebab hanya melalui pendidikan bangsa ini dapat mencapai kemajuan dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Semangat untuk mengembangkan aspek pendidikan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, khususnya anak Melayu, diaktualisasikan dalam aksi bukan hanya orasi, tapi dengan mendirikan Yayasan Raja Haji Fisabilillah oleh tokoh-tokoh masyarakat Kepri pada tanggal 12 Agustus 1998.

Kemudian memperoleh Izin Terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yakni berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.133/D/O/1999 Tanggal 22 Juli 1999 dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1999.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here