Mahasiswa Menangkan Lomba Bappenas

0
217
MAHASISWA Ilmu Hukum FISIP-UMRAH Rilo Pambudi S, foto di gedung MPR RI usai memenangkan lomba tingkat nasional yang digelar Bappenas RI. f-istimewa

Dosen UMRAH Dapat Beasiswa dari Google

DOMPAK – Dapat beasiswa dari Google hingga menang lomba tingkat nasional menjadi kado membanggakan bagi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang akhir bulan Agustus ini.

Kabar itu dimulai dari dua orang dosen Teknik Informatika UMRAH Tanjungpinang, Ferdi Chahyadi M.Cs dan M Radzi Rathomi, M.Cs mendapatkan beasiswa dari Google-Faculty Development Program.

Tak hanya dosen, namun 10 mahasiswa bimbingannya dari kedua dosen tersebut juga meraih beasiswa yang sama.

Pada sesi 2019, terdapat 160 penerima beasiswa yang berasal dari dosen dan 2.284 yang berasal dari mahasiswa.

Program beasiswa ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan dari Google agar kampus-kampus di Indonesia dapat mencetak lulusan berstandar global yang kompeten dan siap berkarir sebagai Android Developer Profesional.

Program beasiswa pelatihan dilakukan Google dengan menggandeng Dicoding sebagai Google Authorized Training Partner di Indonesia.

Dosen dan mahasiswa yang memenuhi kriteria berkesempatan mengikuti kelas menjadi Android Developer Expert secara penuh sehingga siap mengikuti sertifikasi berstandar global Associate Android Developer.

Pelaksanaan program dilakukan selama 3 bulan, sejak tanggal 27 Agustus 2019. Dimana setiap peserta beasiswa mendapatkan token yang akan digunakan untuk melakukan registrasi dan memulai pelatihan secara daring di laman www.dicoding.com.

Ada pun 10 mahasiswa itu, Fernando Mardi (2017), Bariq Rizqullah (2017), Shahrukh Rizan (2018), Indah Nurindo (2018), Muthia Syafira (2018), Winna Puspita (2018), M Fikriansyah (2018), Agistira Lamunde (2018), Reza Kurniawan (2018) serta Andreas Sitanggang (2018).

Selain itu, kabar gembira dan membanggakan hadir di penghujung Agustus ini bagi UMRAH.

Pasalnya, salah satu mahasiswa UMRAH berhasil menjurai Lomba Artikel Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) RI.

Capaian ini didapatkan oleh Rilo Pambudi. S, mahasiswa Ilmu Hukum FISIP-UMRAH atas artikelnya bertajuk ‘Ibu Kota Baru, Merajut Asa Menuju Tanah Borneo’.

Idenya tersebut tentang harapan ibu kota baru yang dipadukan dengan infografis telah sukses mengantarkannya menjadi pemenang pertama.

Ia berhak mendapatkan predikat itu setelah kelima juri yang berasal staf ahli, dan staf khusus Bappenas serta pimpinan media nasional sepakat memberikan nilai tertinggi pada artikelnya.

Hal ini sebagaimana pengumuman yang disampaikan, melalui akun Instagram milik Bappenas RI pada Sabtu (24/8) malam.

Lomba dari Bappenas RI itu sendiri dilaksanakan, dalam rangka menjaring ide-ide kreatif generasi muda Indonesia usia 15 hingga 25 tahun.

Ide yang dimaksud berupa harapan terhadap rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia, dan tanggapannya mengenai realitas kondisi Kota Jakarta saat ini

Ajang tingkat nasional yang berlangsung sejak 13 Juli hingga 20 Agustus 2019 tersebut, dibagi menjadi dua kategori yaitu Vlog dan Artikel. Untuk Vlog durasinya antara 30-60 menit. Sedangkan, artikel disyaratkan memuat 500-800 kata dan dituliskan melalui Blog pribadi.

Rilo, sapaan akrab mahasiswa semester 7 yang juga gemar bermain Blog tak mau melewatkan kesempatan tersebut.

Dalam prosesnya, ia mengatakan, membutuh waktu seminggu untuk menuntaskan artikelnya.

”Awalnya lihat-lihat di Instagram tentang lomba Blog, terus ketemu lomba ini. Waktunya tinggal seminggu, ya langsung saya garap,” ujar Rilo.

Menjadi Juara I memang di luar dugaannya, sebab menurutnya ia masih pemula di bidang lomba artikel khususnya Blog.

Saat ini, UMRAH Tanjungpinang memiliki lima fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here