Mahasiswa Semarakkan HUT RI

0
154
MAHASISWA dan masyarakat Desa Genting Pulur tengah gotong-royong membangun gerbang menyambut HUT RI. f-ISTIMEWA

KKN di Anambas, Mahasiswa Stisipol Gelar Berbagai Lomba

Selain semangat masyarakat menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI, suasana pun bakal semakin meriah di Desa Genting Pulur, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas karena turut disemarakkan mahasiswa.

ANAMBAS – PARA mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang yang kini masih melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Genting Pulur turut melakukan berbagai perlombaan.

Salah satu lomba yang akan digelar nanti adalah menggelar panjat pinang salah satunya. Persiapan itu juga didukung oleh Kelompok mahasiswa Stisipol Raja Haji Tanjungpinang.

Asyahri Muaz, salah satu mahasiswa di kelompok KKN Desa Genting Pulur menceritakan, masyarakat di lokasi KKN-nya begitu bersemangat menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Sehingga, ia bersama mahasiswa di kelompoknya mengusulkan beberapa lomba untuk menyemarakkan HUT RI. Lomba yang diusulkan itu seperti lomba mengaji serta membaca surat pendek.

”Kami juga telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk menyambut HUT RI bersama warga desa. Kami pekan lalu menggelar gotong-royong (goro), membersihkan lingkungan seputar desa. Selain itu, juga memeriahkan Hari Raya Idul Adha,” sebut Asyahri Muaz, kemarin.

Ia menambahkan, dalam mengambut Idul Adha Minggu (11/8) kemarin, mereka juga membangun gerbang, sekaligus mempersiapkan menyambut HUT RI pada 17 Agustus mendatang. Untuk itu, Desa Genting Pulur sebagai tuan rumah Kecamatan Jemaja Timur menggelar berbagai macam perlombaan dan permainan rakyat.

Lomba mengambut HUT RI itu, lanjut Asyahri, akan dimulai pada Rabu (14/8) besok hingga 17 Agustus yang jatuh pada hari Sabtu.

Asyahri bersama mahasiswa lainnya, turut senang dan bersemangat dengan masyarakat Desa Genting Pulur khususnya pemuda dalam mempersiapkan pesta rakyat.

Sehingga, warga desa akan terhibur dengan berbagai lomba permainan rakyat. Untuk itu, segala persiapan mulai pekan lalu sudah matang disiapkan.

Sekedar menambahkan, Desa Genting Pulur hinga saat ini sulit untuk mengakses jaringan internet.

Sinyal untuk internet yang ada saat ini hanya tersedia Enhanced Data rates for GSM Evolution (EDGE).

Namun, untuk komunikasi telepon dan layanan SMS sangat lancar. Sedangkan, akses internet di desa itu mengandalkan wifi dari salah satu sekolah.

Hanya saja, kata Asyahri, sebagian masyarakat di Desa Genting Pulur tidak mempermasalahkan hal itu. Sebab, penggunaan jaringan internet untuk mengakses Media Sosial masih jarang di desa tersebut.

”Itu pun sinyal internet yang disediakan pihak sekolah, masih terbilang minim karena jarang terhubung alias tidak lancar,” sebutnya.

Sekedar diketahui, nama besar pahlawan kebanggaan Tanah Melayu Riau yakni Raja Haji Fisabilillah, telah membangkitkan semangat anak negeri untuk meneladani nilai-nilai perjuangannya dalam wujud pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan. Sebab hanya melalui pendidikan bangsa ini dapat mencapai kemajuan dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Semangat untuk mengembangkan aspek pendidikan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, khususnya anak Melayu, diaktualisasikan dalam aksi bukan hanya orasi, tapi dengan mendirikan Yayasan Raja Haji Fisabilillah oleh tokoh-tokoh masyarakat Kepri pada tanggal 12 Agustus 1998.

Kemudian memperoleh Izin Terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yakni berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.133/D/O/1999 Tanggal 22 Juli 1999 dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1999.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here