Mahasiswa Siapkan Penelitian Energi di Perbatasan

0
389
MAHASISWA PRAKTIK: Mahasiswa Politeknik Batam saat berada di ruang praktik elektronik. F-ISTIMEWA

BATAM – Dengan segala kemajuan teknologi saat ini, tentunya peran kampus untuk memajukan kawasan perbatasan sangat penting. Hal tersebut seperti dituturkan salah satu mahasiswa Politeknik Prodi Teknik Perencanaan Konstruksi Kapal, Doni. Menurutnya, kemaritiman yang dimiliki Kepri harus terus digali menggunakan metode canggih agar lebih efektif. ”Kami sebagai akademisi siap mengabdi untuk daerah. Baik itu berperan dalam kemajuan masyarakat melalui penerapan teknologi, atau memberikan ilmu yang bermanfaat dalam meningkat SDM warga,” ujar Doni.

Ia menambahkan, belum lama ini ia bersama mahasiswa lainnya turun ke kawasan Anambas dan Natuna. Tujuannya untuk melihat kondisi daerah sebagai pemetaan untuk perencanaan penelitian pengembangan energi terbarukan. ”Kami sudah melihat langsung potensi di perbatasan, tepatnya di beberapa pulau di Anambas dan Natuna. Kami menilai, pasokan listrik di pulau-pulau masih minim sekali. Untuk itu, kami sedang merencanakan melakukan penelitian energi,” jelasnya.

Sebagian masyarakat pulau di Anambas hanya menikmati listrik selama 3 sampai 5 jam. Bahkan, ada pulau yang memang penghuninya sedikit dan tanpa listrik. ”Tidak adanya listrik akan berdampak serius pada perkembangan pemikiran warga. Terutama bagi anak-anak, yang harusnya sudah mengikuti perkembangan melalui komunikasi yang di jalain di luar daerah,” terangnya.

Untuk mengatasinya, pihaknya sebagai mahasiswa dari kampus yang mengembangkan ilmu teknologi harus berupaya mencari solusi energi listrik terbarukan. ”Kawasan maritim Kepri, dapat dikembangkan energi terbarukan melalui berbagai hal. Diantaranya angin serta energi panas matahari bahkan arus deras air laut di sebuah selat,” ungkapnya.

Untuk itu, dengan ada potensi tersebut ia bersama mahasiswa Politeknik lainnya akan mengkaji energi terbarukan yang tepat bagi warga pulau yang hidup terpencil. Selain itu, jaringan interkoneksi Telkom juga perlu. Ini juga perlu pengkajian. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here