Mahasiswa-Siswa Diajari Cara Menolong Korban

0
564
Para siswa sedang mengikuti perlombaan di Kantor BNPP Tanjungpinang, Sabtu (24/2). f-RAYMON/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – 160 orang yang terdiri dari mahasiswa dan para siwa SMP dan SMA Tanjungpinang mengikuti lomba yang diadakan Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Tanjungpinang, Sabtu (24/2).

Adapun perlombaan yang diadakan diantaranya lomba bantuan hidup dasar atau Medical First Responden (MFR) dan Rangking 1 yang diikuti kurang lebih 150 sampai 160 orang peserta dalam rangka memperingati HUT ke-46.

Kepala Kantor BNNP Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan, rangkaian kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT BNPP yang ke-46. Khususnya di Tanjungpinang pihaknya melibatkan mahasiswa dan pelajar dengan tujuan agar lebih mengenal BNPP atau instansi atau lembaga pemerintah non kementerian ini.

Baca Juga :  Sasaran KKN Memberdayakan Warga

”Anak-anak ini yang masa depannya masih panjang supaya lebih mengenal instansi dan lembaga non kementerian maka kita membuat perlombaan seperti ini,” katanya.

Budi menyebutkan, selain itu juga ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa dan pelajar untuk mengetahui tentang teknik pertolongan, sehingga ketika mereka melihat kejadian kecelakaan lalulintas di jalan raya dapat membantu bukan menonton saja.

”Ini ilmu yang kita berikan merupakan Ilmu tentang bantuan hidup dasar atau Medical First Responden (MFR), ke depannya juga SAR juga bakal membuka politeknik SAR,” sebutnya.

Baca Juga :  Menwa UMRAH Juara Dayung Walikota Cup 2017

Budi menjelaskan, kemudian ketika dalam menolong hanya menggunakan alat-alat seadanya, maka dalam perlombaan ini pihaknya bisa memberikan ilmu-ilmu bagaimana menyimpulkan atau membuat tali temali. Hal ini bisa dibuat dari tali apa saja, mudah dipasang dan mudah dibuka.

”Tidak hanya perlombaan itu saja, kita juga mengadakan fitnes drell. Kita memberikan pemahaman kepada mereka ini kalau kita memiliki jiwa penolong maka fisik kita harus prima dan kuat,” jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk perlombaan Rangking 1, perlombaan untuk menguji wawasan dasar dari para pelajar. Adapun pertanyaan masih seputaran BNPP dan pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Baca Juga :  Mahasiswa Stisipol Belajar Tata Kota di Johor Bahru

”Ada sekitar 150-160 peserta yang mengikuti perlombaan,” tuturnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Edo salah satu guru olahraga dari SMP Negeri 12 mengatakan kegiatan perlombaan ini sangat penting dan berguna bagi seluruh siswa-siswi yang mengikuti sehingga mereka mendapat ilmu dan wawasan dari perlombaan ini.

”Kegiatan ini dapat menambah wawasan dan ilmu mereka,” ujarnya.
Mahasiswa dan pelajar nampak serius dan penuh antusias mengikuti pelatihan tersebut. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here