Mahasiswa STAIN Kepri Ikuti PKM PTKIN se-Sumatera

0
147
Ketua STAIN Sultan Abdurrahman menyerahkan bendera kepada ketua kontingen PKM PTKIN pada saat pelepasan, Sabtu (6/10) lalu. F-istimewa

BINTAN – Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepri DR Muhammad Faisal MAg melepas rombongan mahasiswanya untuk mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) PTKIN se-Sumatera, Sabtu (6/10).

PKM PTKIN se-Sumatera ini dilaksanakan di Palembang, Senin (8/10) sampai dengan Sabtu (13/10).

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) adalah satu wadah yang dibentuk dari kesepakatan (musyawarah) para wakil rektor bidang kemahasiswaan.

Kerja sama PTKIN se-Sumatera yaitu dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa PTKIN se-Sumatera atau Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

PTKIN sebagai wadah perguruan tinggi Islam di Indonesia, berkewajiban mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan riset.

Juga turut mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi calon pemimpin masa depan, dengan mengembangkan soft skill. Sehingga memiliki kecerdasan yang komprehensif yaitu intelektual, emosional, sosial, dan spiritual.

PKM PTKIN 2018 se-Sumatera yang dilaksanakan di Palembang ini merupakan satu media pendidikan untuk mengembangkan nilai-nilai soft skill tersebut. Sepetri olahraga untuk menciptakan sifat yang jujur, disiplin, emosional, dan sportivitas yang tinggi.

Kegiatan seni membentuk karakter budaya Melayu sebagai jati diri yang unik dan khas serta seni keislaman yang kuat, mengandung nilai-nilai spiritual. Sedangkan bidang riset mampu mengembangkan nilai-nilai kecerdasan intelektual, keterampilan motorik, nilai persatuan dan kesatuan serta profesional.

DR Muhammad Faisal MAg Ketua STAIN Sultan Abdurrahman Kepri yang berada di kampus jalan Lintas Barat KM 19 Toapaya Asri, Bintan ini menyampaikan, PKM PTKIN se-Sumatera menjadi momentum penting untuk menggugah semangat para mahasiswa untuk terus belajar, melakukan riset, serta mengembangkan olahraga dan kreativitas seni mahasiswa, yang berbasis budaya Melayu dan keagamaan.

Wakil Ketua III STAIN Kepri sebagai Ketua Kontigen H Fahmi Fikri MSI mengatakan, Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan ajang penyelenggaraan kompetisi keilmuan, olahraga, seni, dan riset tingkat mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) Kementerian Agama RI, secara regional di wilayah Sumatera.

”Kami berharap STAIN Sultan Abdurrahman Kepri Bisa membawa nama baik Kepri dan bisa bersaing dengan PTKIN se-Sumatera lainnya,” kata Fahmi. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here