Mahasiswa STAIN SAR Juara I Nasional

0
478
MUHAMMAD Naim Zubairi (Dua dari kiri) foto bersama dengan Plt Gubernur Kepulauan Riau H Isdianto di ruang kerjanya sambil memegang piala memenangkan lomba dai muda nasional. f-istimewa

M Naim Zubairi Tak Nyangka Bisa Menjuarai Lomba Dai Muda Indonesia

Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Sultan Abdurrahman (STAIN-SAR) Kepulauan Riau (Kepri), keluar sebagai Juara I Lomba Dai Tingkat Nasional Tahun 2019.

TANJUNGPINANG – Dialah Muhammad Naim Zubairi, yang sebelumnya juga pernah diberitakan bahwa dirinya masuk ke 10 besar final di ajang tersebut. Muhammad Naim Zubairi juga sebagai Sekjend Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Ar-Rahman STAIN-SAR Kepri.

Syukur Alhamdulillah, Muhammad Naim Zubairi mampu menjuarai ajang tersebut yang dilaksanakan di Depok, Jawa Barat mulai Kamis (26/9) hingga Minggu (29/9) lalu.

Lomba dai yang digelar ini merupakan ajang yang digelar Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Indonesia.

Lomba dai tingkat nasional tersebut, juga disejalankan dengan agenda pertemuan seluruh aktivis dakwah kampus se-Indonesia yang bernama Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN) ke-XIX.

FSLDKN ke-XIX tahun ini bertemakan ‘Merajut Harmoni, Membangun Karakter, Membentuk Pemuda Islam yang Mengabdi pada Negeri’.

Dalam ajang silaturrahim Nasional ini, LDK AR-Rahman STAIN-SAR Kepri, mengirimkan dua delegasi yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Masing-masing, Ketua LDK Ar-Rahman yakni Arief Nurrachman dan Sekjend Muhammad Naim Zubairi yang berangkat bersama Pusat Komunikasi Daerah (Puskomda) FSLDK Kepri dan seluruh perwakilan LDK di Kepri yang juga turut mengikuti kegiatan tersebut.

Muhammad Naim Zubairi saat berfoto memegang piala

Dalam babak final, Naim sapaan akrab Muhammad Naim Zubairi membawakan ceramah yang bertemakan ‘Putra Putri Islam Sebagai Perekat Persatuan Umat’.

Dalam ceramahnya itu, Naim mengatakan, bahwa salah satu perangkat yang paling dominan untuk merekatkan persatuan umat adalah putra putri Islam. Karena putra putri Islam, memiliki energi dan potensi yang sangat besar untuk bisa mewujudkan itu semua.

”Beberapa saat sebelum lomba dan saat tampil pun, sebenarnya saya merasa grogi dan berdebar. Karena ini merupakan lomba tingkat Nasional pertama yang saya ikuti. Tentunya saya membawa amanah berupa harapan masyarakat Kepulauan Riau khususnya Tanjungpinang-Bintan, agar saya menampilkan yang terbaik dan menjadi juaranya,” kenang Naim, kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (1/10).

Naim mengungkapkan, dirinya tidak menyangka dan mengira namanya disebut sebagai juara pertama pada saat pengumuman lomba pada grand closing FSLDKN ke-XIX yang diselenggarakan di Auditorium UIN Sarif Hidayatullah Jakarta tanggal 29 September 2019.

”Waktu itu saya hanya berniat untuk berusaha tampil maksimal, walau hasilnya tidak menjadi juara. Tetapi, alhamdulillah saya menjadi juara. Saya pun tidak menyangka dengan hasil itu. Walau saya percaya, sekuat apa pun usaha mesti ada hasil yang terbaik didapat,” terang Naim.

Setelah selesai rangkaian acara penutupan dan check out dari penginapan, ia dan Ketua LDK Ar-Rahman Arief Nurrachman langsung menuju Bandara Internasional Sukarno-Hatta membawa kabar baik untuk pulang kembali ke Pulau Bintan, Kepri.

Ketika sampai di Ibukota, Naim langsung disambut oleh ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepri (H. Mustamin) dan Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto S.Sos M.M menjadi tamu kehormatan di Kantor Gubernur Kepulauan Riau.

Plt Gubernur Kepri Isdianto sangat mengapresiasi prestasi yang telah dicapai oleh Naim, yang telah mengharumkan nama Kepulauan Riau di kancah nasional. Isdianto juga berharap, agar Naim bisa menjadi motivasi bagi anak-anak muda.

”Semoga akan muncul Naim Naim berikutnya, yang bisa mengharumkan nama Kepulauan Riau di kancah nasional khususnya dalam bidang dakwah seperti ini,” ujar Isdianto.

Muhammad Naim Zubairi alias Naim merupakan mahasiswa semester 5 Program Studi (Prodi) Ilmu Alquran dan Tafsir di STAIN-SAR Kepulauan Riau.

Bahkan, sejak kecil Naim memang sudah dikenal sebagai dai oleh masyarakat Tanjungpinang maupun Kabupaten Bintan.

Bahkan sejak Kelas 5 SD, ia sudah aktif berceramah di masjid-masjid yang berada di Tanjungpinang dan Bintan, baik itu sebagai muballigh pada bulan Ramadan maupun pengajian ibu-ibu majelis taklim.

Ia juga pernah menjadi juara dalam beberapa lomba diantaranya yaitu Juara 1 Lomba Dai Tingkat SLTP se-Kota Tanjungpinang, Juara 3 Lomba Dai Tingkat SLTA se-Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang, Juara 3 Lomba Dai se-Provinsi Kepri dan Juara 1 Lomba Baca Puisi se-Kota Tanjungpinang.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here