Mahasiswa STIE Pembangunan Praktik Mendirikan Wirausaha

0
800
PRODUK USAHA: Dwi Selfiayu (kiri) bersama teman kelompoknya Susi Suheni usai presentasi produk usaha Wafflenya dengan dosen Etika dan Perencanaan Bisnis Afitri Susanti S Psi MM (tengah). F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Mahasiswa-mahasiwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan, jurusan Ekonomi Manajemen mengikuti praktik mata kuliah etika dan perencanaan bisnis.

Mahasiswa diminta langsung praktik membuka usaha. Kegiatan dilaksanakan belum lama ini, di Kampus STIE Pembangunan. Ada 13 kelompok yang ikut, yang terdiri dari dua anggota. Salah satu mahasiswi Prodi Ekonomi Manajemen STIE Pembangunan, Dwi Selfiayu menuturkan, mata kuliah praktik etika dan perencanaan bisnis hal baru yang dilaksanakan di semester lima.

Ia bersama teman kelompoknya Susi Suheni, membuat perencanaan bisnis makanan yakni Waffle dengan merek dagang Queen Waffle. Mahasiswi asal Bintan ini mengatakan, waffle termasuk kategori baru di Tanjungpinang.

Sangat memungkinkan dikembangkan berbagai sajian dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Rencana usaha lainnya juga ada yaitu membukan usaha berger, roti, pecel lele, roti bakar, laundry atau mencuci pakaian. Menurutnya, praktik dalam membuat usaha sangat penting untuk mahasiswa.

Ia mengaku, dengan adanya praktik tersebut, mahasiswa menjadi tahu bagaimana mendirikan serta mengelola usaha. Minimal ini akan menjadi gambaran jika nantinya berniat membuka usaha sendiri. ”Setelah lulus kuliah mudah-mudahan akan bergelut menjadi wirausaha,” paparnya kepada Tanjungpinang Pos.

Ia bersama temannya kini harus belajar lebih lagi agar mampu menjadi wisara usaha. Harus dimulai dari mengetahui bahan baku, cara mengemas, memasarkan produk serta pencatatannya.Bahkan menarik, melalui kegiatan tersebut, setiap kelompok kembali mempresentasikan di hadapan dosen serta teman lainnya. ”Disini juga kita belajar ilmu marketing, jadi harus meyakinkan bahwa produk kita bagus,” tambahnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here