Mahasiswa Stisipol Juara Tiga Entrepreneur Award

0
756
MENUNJUKKAN PIAGAM: Gusti Ranjis (kiri) bersama Zul Binarto menujukkan piagam penghargaan usai dinobatkan sebagai Juara tiga di Event Entrepreneurship Award 2017. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Mahasiswa Prodi Sosiologi Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Gusti Ranjis, meraih Juara tiga Enterpreneurship Award I Tahun 2017 untuk wilayah Kopertis X.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, 16-18 Desmeber di Padang. Dikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi swasta dengan kategori perencanaan binis.

Ranjis memaparkan rencana bisnisnya Amiga. Ini merupakan alternatif dalam bidang minyak dan gas. Ia memiliki tim kerja yang diketuai Raden Randika Danu Saputra sebagai penemu.

Amiga nantinya merupakan bahan bakar alternatif. Ini muncul sudah lama, bahkan pernah mewakili Stisipol Raja Haji pada kompetisi Besar Nasional Pertamina Ide Gila 2017 beberapa bulan lalu.

Dengan meraih prestasi ini, berharap mampu merealisasikan. Serta bis aterus menggali pengetahuan yang dapat diterbarukan sesuai kebutuhan masa kini.

Ini juga dapat menjadi penyemangat bagi mahasiswa lain, bahwa lulusan Stisipol Tanjungpinang bisa berkarya, bahkan ketingkat nasional. Asal mampu menciptakan sesuatu yang baru, dengan tujuan baik.

”Saat menimba ilmu di kampus harus menjadi wadah menemukan hal baru, bila perlu mampu membangun usaha. Pola pikir generasi kita harus berubah bukan jadi pekerja namun pemberi kerja,” tuturnya.

Jangan sampai hanya berharap menjadi PNS. Ini bagus, namun tidak bisa hanya berfikir ini. Tema revolusi mental, penyelarasan program presiden Ir Joko Widodo harus bisa dilaksanakan.

Dengan artian, nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan kepada lulusan SMA sederajat dan bahkan masyarakat sekitar. Makin banyak pengusaha, maka ekonomi akan semakin baik. Ia juga mengingatkan mahasiswa agar tak bergantung dengan produk asing. Harus menggunakan produk lokal dan mampu menciptakan hal baru.

Ia meyakini karya anak bangsa tidak kalah lebih baik. Bila perlu masyarakat luar negeri yang harus mencari hasil karya anak negeri. Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka SSos MPM merasa bangga, dengan capaian mahasiswanya yaitu Gusti Ranjis ditingkat nasional. Ini menambah deretan prestasi yang diterima. Mudah-mudahan akan lebih banyak yang terus mengukir prestasi.

”Saya senang, dan berharap capaian Gusti Ranjis di Event Entrepreneur Award Kopertis X dapat mendorong mahasiswa/i lainnya untuk berani tampil,” ungkapnya.

Apalagi dengan memiliki pemikiran atau gagasan dalam bidang bisnis. Ini bukan hal biasa, perlu kerja keras, usaha dan kemampuan analisa yang baik. Merancang bisnis sebagai langkah kemandirian. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here