Mahasiswa STTI Belajar Interpersonal Skill

0
1129
SEMINAR: Ketua STTI Tanjungpinang Louis Frederick saat mengisi materi kuliah Interpersonal Skill kepada mahasiswa. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI) Tanjungpinang, dibekali mata kuliah interpersonal skill (Kemampuan keterampilan) selama satu semester.

Tujuan dari mata kuliah tersebut, agar mahasiswa setelah lulus dari kampus selain memiliki disiplin ilmu yang di ambil juga memiliki keahlian lain.

Hal ini diterangkan Ketua STTIE Tanjungpinang, Louis Frederick saat menjadi pengisi materi interpersonal skill. Dituturkannya, mahasiswa ditutut menjadi pendengar yang baik serta harus mampu memberikan pendapat yang secara jelas dalam bekerja secara sendiri maupun satu tim nantinya.

Baca Juga :  Berbagi Ilmu tentang Bisnis Digital

”Selain itu, mahasiswa juga diajarkan keterampilan untuk berkomunikasi baik verbal maupun non verbal,” terang Louis, kemarin. Keterampilan mendengarkan, merupakan salah satu komponen dari proses komunikasi.

”Keterampilan lainya adalah memberikan umpan balik setiap bentuk komunikasi yang disampaikan kepada seseorang, dengan tujuan agar orang tersebut mengetahui dampak perilakunya terhadap anda atau orang lain,” jelas Louis.

Selanjutnya, mahasiswa juga belajar mengenai keterampilan membujuk. Membujuk merupakan komunikasi tatap muka yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang, dengan tujuan agar pihak lain mau mengikuti dengan sukarela kehendak seseorang.

Baca Juga :  Mahasiswa KKLN Ikuti Pembekalan

Serta yang terakhir yaitu kemampuan keterampilan resolving conflicts, adalah kemampuan untuk mengatasi konflik dengan orang lain. Menurutnya, ini juga harus dimiliki setiap mahasiswa. Dengan demikian, bisa meminimalisir masalah.

Menurutnya, kemapuan interpersonal skill penting dimiliki mahasiswa. Sehingga, ketika lulus nanti mahasiswa mampu berkembang atau kembali di tengah masyarakat. Sebab hasil akhir dari menimba ilmu yaitu mampu membangun kejaring atau komunikasi yang baik. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here